75 Tahun PBB, Inilah Tapak Tilas 4 Fakta Organisasi Dunia

Hari PBB diperingati setiap 24 Oktober. Tahun ini PBB berusia 75 tahun (KalderaNews/Dok. PBB)
Hari PBB diperingati setiap 24 Oktober. Tahun ini PBB berusia 75 tahun (KalderaNews/Dok. PBB)

JAKARTA, KalderaNews.com – 24 Oktober diperingati sebagai hari PBB sedunia. Tahun ini, organisasi yang memiliki kepanjangan Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut berusia 75 tahun. PBB sendiri memiliki 6 bahasa resmi, yaitu Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, Mandarin, dan Rusia.

Berdasarkan situs resminya, Hari PBB 2020 mengusung tema refleksi masa lalu, merayakan pencapaian saat ini, dan menantikan kemajuan untuk masa depan yang lebih cerah bagi seluruh manusia di muka bumi.

Meskipun begitu, masih banyak yang belum tahu sejarah dan fakta unik PBB sebagai organisasi dunia. Mari, tapak tilas terlebih dahulu!

BACA JUGA:

Awalnya Bernama LBB

LBB merupakan singkatan dari Liga Bangsa-Bangsa. Awal mulanya, hanya negara-negara kuat yang dapat bergabung ke organisasi dunia ini. Lalu, LBB secara keseluruhan dipengaruhi oleh paham liberal dan rasa skeptis terhadap kerja sama antar bangsa.

Menolak Pernyataan Amerika Tentang Ibu Kota Israel

Donal Trump, presiden Amerika Serikat membuat pernyataan kontroversial bahwa Yerussalem merupakan ibu kota Israel. Sontak, pernyataannya mengundang protes besar, termasuk PBB karena resolusinya tahun 1980 menyatakan bahwa kota suci tersebut belum berhak dimiliki negara manapun. Sebagian besar negara yang tergabung menolak pernyataan Trump .

Indonesia Satu-Satunya Negara yang Mengundurkan Diri

Indonesia pernah keluar dari PBB pada tahun 1956. Setelah itu, negara ini bergabung kembali 10 tahun setelahnya hingga sekarang. Bung Karno yang saat itu menjabat jadi presiden RI berpendapat bahwa PBB tidak cocok dengan Indonesia karena mengarah kepada imperialisme dan kolonialisme. Selain itu, kebijakan PBB terlalu memberikan kemudahan kepada kepentingan barat.

Belum Ada Sekjen PBB dari Australia

Sekretaris Jenderal PBB (Sekjen PBB) menjabat selama 5 tahun setelah diangkat melalui sidang umum PBB. Sekjen PBB diusulkan oleh Dewan Keamanan PBB. Dari 9 orang yang pernah menjabat menjadi sekjen PBB, belum ada yang berasal dari Australia.

Itulah tapak tilas 4 fakta mengenai PBB. Semoga kehadiran organisasi dunia dapat menjadi harapan untuk manusia di dunia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*