Akademisi UKI Temukan Hal-hal Positif dalam Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19

Gedung Universitas Kristen Indonesia (UKI)
Gedung Universitas Kristen Indonesia (UKI) (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Program Pasca Sarjana UKI, Dr. Bintang Simbolon mengungkapkan hal-hal positif terkait pembelajaran secara online selama era new normal dalam webinar “Revisiting The Teaching and Learning in Higher Education” yang dilaksanakan oleh Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana UKI bekerja sama dengan International Office of UKI baru-baru ini.

“Pengaturan di dalam proses pembelajaran cenderung lebih mudah. Pertemuan dan aktivitas perkuliahan hanya membutuhkan persiapan yang lebih sederhana, karena dapat dilakukan di rumah. Webinar dapat mendatangkan narasumber ahli dari luar negeri dengan mudahnya.”

BACA JUGA:

Doktor Bintang menambahkan bahwa di dalam melakukan penelitian, jika objek analisisnya adalah manusia maka data dapat diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi online atau melakukan wawancara dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat pun dapat dilakukan dengan mencarikan solusi terbaik antara pihak kampus dengan masyarakat yang dibina. PKM dilakukan berulang agar masyarakat mendapatkan pengetahuan dan memiliki kemampuan untuk kehidupan yang lebih baik. Pembinaan masyarakat tidak hanya cukup melalui media online. Akademisi tetap dapat menemui masyarakat untuk membimbing dan mengontrol perkembangan materi PkM yang diberikan,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penjaminan Mutu UKI, Dr. Hotmaulina Sihotang memaparkan penggunaan media dan teknologi pembelajaran di perguruan tinggi sangat penting untuk meningkatkan kualitas kemampuan dan keterampilan mahasiswa, terutama dalam dunia perkuliahan dan di lingkungan pekerjaannya saat pandemi Covid-19.

“Maka salah satu hal yang wajib dilaksanakan adalah menyediakan dan melatih secara professional kepada tenaga pendidik tentang penggunaan internet sebagai sarana pembelajaran multimedia. Lalu menyediakan sumber daya manusia yang bertugas memelihara perawatan peralatan komputer dan multimedia yang digunakan sebagai alat pembelajaran,“ tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*