Alamak, Tingkat Inovasi Publikasi Ilmiah Indonesia di Bawah 5 Negara ASEAN

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini Indonesia masih berada pada peringkat ke-74 dari 141 negara dalam hal kemampuan inovasi. Adapun untuk komponen publikasi ilmiah, Indonesia berada pada peringkat ke-56.

Secara umum, tingkat kemampuan inovasi Indonesia berada pada peringkat ke-6 di antara negara ASEAN, di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Produktivitas publikasi ilmiah bergantung pada sejumlah faktor, salah satu yang menjadi faktor penting adalah anggaran.

BACA JUGA:

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga yang memiliki fungsi penelitian dan pengembangan senantiasa berupaya untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah dan inovasi.

Oleh karena itu, dalam Rencana Strategis tahun 2020-2024, LIPI menerapkan kebijakan bahwa anggaran penelitian yang bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) harus diimbangi dana eksternal dengan perbandingan 1:1.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa menurut UNESCO, dana eksternal sebuah lembaga riset biasanya sebesar 75%.

“Rasio dana eksternal yang lebih tinggi mencerminkan kualitas lembaga riset yang terpercaya,” ujar Handoko seperti dikutip dari situs resmi LIPI saat membuka webinar Strategi Perolehan Dana Eksternal, Selasa lalu, 27 Oktober 2020.

Handoko menekankan bahwa anggaran negara harus dikelola untuk mendapatkan dana lain melalui riset, yang nantinya dapat menambah devisa negara.

“Riset memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi salah satu sumber devisa negara, untuk membantu negara dan masyarakat,” tambah Handoko.

Memaksimalkan potensi memperoleh dan memanfaatkan dana eksternal juga menjadi penting bagi peneliti sebagai individu dalam membangun rekam jejak yang baik.

Kendati demikian, Handoko mengingatkan bahwa aset utama peneliti haruslah tetap ide kreatif dan inovasi yang ada dalam diri masing-masing.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*