BBS 2020 Inginkan Bangsa yang Sehat

Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19
Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2020 secara dalam jaringan (daring).

Kepala BPPB, Endang Aminudin Aziz saat pembukaan BBS 2020 secara daring di Jakarta pada Rabu pekan ini, 28 Oktober 2020 menegaskan merupakan anugerah terbesar untuk bangsa ini yang dapat dinikmati bersama-sama dan kita dapat semakin menghargai kebhinekaan yang ada.

Pelaksanaan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 bertujuan untuk menunjukkan kekhasan dan keunikan serta keunggulan yang dapat ditemui di Tanah Air. Untuk itu, tema yang diangkat pada tahun ini adalah Berbahasa untuk Indonesia Sehat.

BACA JUGA:

“Kata sehat dipilih untuk menggambarkan keadaan yang diinginkan oleh bangsa kita, yaitu bangsa yang sehat,” ujarnya.

Untuk mewujudkan bangsa yang sehat, kata Aminudin, jasmani atau fisik dan rohani atau mental tidak dapat saling terpisah. Pada bagian itulah bahasa dan sastra berperan untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat.

“Dengan begitu kita bisa semakin menghargai kebhinekaan tanpa batasan wilayah. Tumbuhnya ke-Indonesiaan yang membuat bangsa ini kokoh,” kata Aminuddin.

Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2020 dimeriahkan 10 kegiatan dengan pendaftar mencapai 11 ribu peserta antara lain Penghargaan Media Massa Cetak, Lomba Mendongeng Bagi Penyandang Disabilitas Netra, Lomba Cerdas Mengulas Buku, Festival Virtual Pembacaan Naskah Lakon, Lomba Animasi Trigatra Bangun Bahasa, Pesan Pujangga.

Selanjutnya, ada Simulasi dan Pelayanan Kebahasaan dan Kesastraan, Lomba Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Indonesia, Bedah Buku Bahasa dan Sastra, serta Bincang-bincang Kebangsaan dalam Perspektif Kebahasaan dan Kesastraan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*