Briton Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez Sabet Nobel Fisika 2020 Terkait Penelitian Black Hole

Peraih Nobel Fisika 2020
Briton Roger Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez peraih Hadiah Nobel Fisika 2020 (Foto: Nobel Committee)

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Komite Nobel 2020 mengumumkan Briton Roger Penrose (Inggris), Reinhard Genzel (Jerman) dan Andrea Ghez (Amerika) memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2020 untuk penelitian terkait lubang hitam (black hole).

Secara lebih rinci, hadiah Nobel Fisika 2020 dianugerahkan kepada Roger Penrose atas penemuan lubang hitam dan Reinhard Genzel serta Andrea Ghez atas penemuan “benda supermasif di pusat galaksi kita”.

Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Goran K. Hansson seperti dilansir dari AP menegaskan berbagi penghargaan merupakan hal yang biasa bagi beberapa ilmuwan yang bekerja di bidang yang terkait.

BACA JUGA:

Nobel tahun lalu saja diberikan kepada ahli kosmologi kelahiran Kanada James Peebles untuk karya teoritis tentang momen-momen awal setelah Big Bang, astronom Swiss Michel Mayor dan Didier Queloz karena menemukan planet di luar tata surya kita.

Ketiganya (Briton Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez) akan berbagi hadiah Nobel sebesar 10 juta kronor Swedia (sekitar $ 1,1 juta, 950.000 euro, Rp 16,5 miliar), setengahnya untuk Penrose dan setengahnya lagi untuk Genzel dan Ghez.

Mereka biasanya akan menerima hadiah ini langsung dari Raja Carl XVI Gustaf pada upacara resmi di Stockholm pada 10 Desember, tepat pada hari peringatan kematian ilmuwan Alfred Nobel (1896) yang menciptakan nobel ini dalam wasiat terakhirnya.

Akan tetapi, pemberian hadiah nobel secara tatap muka telah dibatalkan pada tahun ini karena pandemi virus Corona dan akan diganti dengan upacara secara virtual yang menampilkan para pemenang menerima penghargaan mereka di negara asal.

Musim penghargaan Nobel tahun ini dimulai Senin kemarin ketika Nobel Kedokteran 2020 diberikan kepada warga Amerika Harvey Alter dan Charles Rice bersama dengan warga Inggris Michael Houghton atas penemuan terkait virus Hepatitis C yang membuka jalan untuk penyembuhan.

Pengumuman pemenang Nobel Kimia tahun ini akan diumumkan pada Rabu besok diikuti Nobel Sastra pada Kamis dan Nobel Perdamaian pada Jumat serta Nobel Ekonomi akan menutup keseluruhan rangkaian pengumuman penghargaan Nobel pada Senin, 12 Oktober 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*