Buang Jauh Asumsi Kalau Produksi Video Belajar itu Sulit dan Rumit

Animasi merupakan salah satu jenis video penjelasan yang banyak diminati siswa. Aplikasi digital membantu guru untuk membuat video penuh grafis jelas dan menarik. (KalderaNews/ Syasa Halima)
Animasi merupakan salah satu jenis video penjelasan yang banyak diminati siswa. Aplikasi digital membantu guru untuk membuat video penuh grafis jelas dan menarik. (KalderaNews/ Syasa Halima)

JAKARTA, KalderaNews.com – Di masa pembelajaran jarak jauh, adakalanya guru menjadi youtuber. Video belajar buatan guru yang mendorong interaksi dan keterlibatan adalah cara yang efektif untuk mendukung pembelajaran siswa.

Jika dibuat dengan baik, video instruksional dapat menjadi media yang sangat efektif untuk mendukung pengajaran di lingkungan pembelajaran jarak jauh, hybrid, atau campuran. Pembuatannya juga mudah di aplikasi tak berbayar.

Guru cukup membuat video ringkas yang tidak lebih dari 6 menit. Penelitian menyebutkan waktu tersebut merupakan yang terbaik untuk siswa fokus menonton. Lebh dari itu, maka ia akan merasa bosan. Peralatan video pun tidak usah terlalu mewah, yang penting materi tersampaikan secara jelas.

BACA JUGA:

Dilansir dari edutopia, terdapat tiga jenis video yang dapat dibuat secara mudah, yaitu screencasting, video penjelasan, dan demo langsung.

Screencasting

Jenis video ini menuntut guru untuk menjelaskan materi layaknya di apan tulis. Guru menjelaskan materi di laya yang kosong. Banyak alat screencasting gratis dan berbiaya rendah tersedia untuk guru, seperti Screencastify dan Camtasia, yang ramah pengguna dan memiliki kemampuan pengeditan bawaan.

Sebagian besar program screencasting memungkinkan pengguna untuk memilih antara merekam seluruh layar atau hanya satu tab browser, dan membuat pilihan untuk merekam dengan webcam.

Video Penjelasan

Video penjelasan biasanya berupa video animasi pendek yang menggunakan grafik sederhana dan bahasa lugas untuk menjelaskan atau memberi ilustrasi konsep yang abstrak. Jangan dipikir sulit dulu, ya! Aplikasi bernama Powtoon dan Moovly siap menyingkat waktu pembuatan dengan grafik ciamik serta siap diakses semua kalangan.

Program tersebut membantu untuk membuat video multimedia menarik yang menggabungkan konten dengan animasi, gambar, teks, narasi, musik, dan efek suara.

Video Demo Langsung Direkam Tanpa Script

Jenis video ini paling mudah dibuat. Ini mirip dengan guru menjelaskan kepada murid melalui panggilan video. Bedanya ialah guru menjelaskan sendiri sambil membuat video.

Guru hanya perlu menekan tombol rekam dan posisikan ponsel pada sudut yang baik. Lalu, akan menjadi nilai tambah jika guru memiliki kemampuan untuk menggunakan kamera apa pun, seperti laptop, tablet, atau ponsel. Jika ingin menggabungkan video, maka dapat menggunakan aplikasi Clips atau WeVideo.

Teknik demo membuat seakan-akan guru berbicara langsung dengan siswa. Ibaratnya, guru memiliki program reality show. Guru bisa mengeluarkan sisi sebenarnya melalui video ini karena tidak ada naskah baku.

Sudah hampir setahun pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan. Wajar bosan, akan tetapi alangkah lebih baik jika guru memanfaatkan situasi pandemi ini untuk berinovasi kecil-kecilan ketika mengajar. Jangan kendor semangatnya!

Kurangi kekhawatiran bahwa siswa sulit paham pelajaran karena PJJ. Jadikan kegiatan belajar mengajar jadi lebih bermakna dengan inovasi video yang mudah sekali dibuat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*