Cara Seru Rayakan Hari Hak Asasi Hewan, Kenali dan Lindungi!

Hari hak asasi hewan diperingati setiap 15 Oktober. Kenali dan lindungi haknya. (KalderaNews/Ist)
Hari hak asasi hewan diperingati setiap 15 Oktober. Kenali dan lindungi haknya. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bukan hanya manusia yang memiliki hak asas, hewan juga punya. Hari hak asasi hewan internasional selalu diperingati setiap 15 Oktober. Meskipun begitu, jangan sampai kasih sayang kepada hewan jadi kendor jika tidak ada hari spesial.

Di Indonesia, perlindungan hewan diatur pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 302 dan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dilansir pada tirto.id, menurut advokat profauna Irma Hermawati bahwa terdapat lima kebebasan pada hak asasi hewan.

Lima kebebasan tersebut ialah bebas dari rasa haus dan lapar, kedua kebebasan dari rasa tidak nyaman, yang ketiga kebebasan mengekspresikan tingkah laku alami mereka, yang keempat bebas dari rasa stres dan takut, serta yang kelima bebas dari sakit maupun dilukai.

BACA JUGA:

Sebagai pemilik dan pecinta hewan, maka lima kebebasan tersebut harus dijunjung dan dipraktikkan. Bagaimana cara memperlakukan hewan dengan baik untuk merayakan hari hak asasi hewan?

Sudah Kasih Makan dan Minum Dengan Baik Belum?

Hewan perlu makan dan minum dengan kandungan makanan yang baik. Jangan berikan makanan sisa. Layaknya manusia, hewan suka dengan makanan segar. Yuk, sisihkan makanan hewan yang layak dikonsumsi mereka.

Makan Nabati dan Sayuran Seharian

Cara ini bisa kamu praktikkan jika setiap hari makan daging. Coba puasa makan daging sehari saja. Ganti makanan yang berasal dari hewan dengan sayur-sayuran atau kacang-kacangan. Tahu dan tempe sambil pakai lalapan dan mendoan juga nikmat, loh! Ganti menu yang mengandung protein nabati.

Berikan Perawatan Terbaik

Bagi hewan peliharaan, perawatan terbaik tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Cukup sesuaikan kantong, lalu berikan kasih sayang dengan mengajaknya main. Rapikan kandangnya, sehingga hewan merasa nyaman. Layaknya manusia, hewan juga ingin kamarnya rapi. Kebersihan kamar merupakan kunci agar hewan betah. Kalau belum mandi, maka berikan perawatan ala-ala spa biar hewan tidak kena penyakit kulit.

Bercerita Tentang Hewan Favorit

Rayakan hari hak asasi hewan dengan bercerita di sosial media tentang hewan kesayangan kamu. Dengan begitu, maka kesadaran orang-orang terhadap perlindungan hewan semakin massif. Kamu bisa foto dengan hewan peliharaan, membawa peliharaan ikut virtual meeting, atau sekadar bercerita. Ceritalah, maka orang lain akan semakin sadar pentingnya hak asasi hewan.

Dikutip dari Mark Griffiths dalam tulisannya yang berjudul The Psychology of Animal Torturer, ada suatu kesalahan pada mental seseorang yang gemar menyakiti hewan. Perilaku buruk tersebut disebut zoosadism. Orang yang memiliki kecenderungan tersebut rawan jadi pembunuh atau pemerkosa.

Mari, sayangi sesama makhluk Tuhan. Lengkapi kebahagiaan hewan dan penuhi haknya. Kamu memutuskan untuk memelihara hewan, maka jalani hobi tersebut dengan tanggung jawab dan moral kepada sesama makhluk hidup.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*