Comelnya! 5 Hewan Favorit untuk Redakan Stress dan Lelah

Kura-Kura Brazil dan filosofi kehidupan lamban namun pasti (KalderaNews/Ist)
Kura-Kura Brazil dan filosofi kehidupan lamban namun pasti (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pekerjaan, belajar dan kuliah membuat segalanya menjadi penat. Supaya tidak terlalu lelah, memelihara hewan dapat menjadi pereda stress, loh! Memelihara hewan seharusnya memang disesuaikan dengan diri sendiri dan finansial. Terdapat beberapa hewan yang dapat mengurangi stress dan perawatannya juga cukup mudah.

Jadi “Majikan” Kucing

Hewan ini sudah pasti masuk dalam daftar sebagai peliharaan penghilang stress. Apabila harimu tidak berjalan dengan baik, maka memelihara kucing jadi solusi untuk menurunkan stress. Kucing merupakan sahabat manusia yang menggemaskan. Tingkahnya yang lucu menjadi penghibur bagi pemiliknya.

Memelihara kucing membuat pemilik menjadi kasta “majikan”. Konotasi tersebut terkenal di kalangan pecinta kucing karena sifatnya manja. Sesuaikan dengan kondisi finansial ketika memutuskan untuk memeliharanya.

BACA JUGA:

Prinsip Kura-Kura, Lamban Namun Pasti

Hewan ini memang lamban, tetapi memelihara kura-kura juga bisa menghilangkan stress. Gerakan lambannya seakan mengingatkan pemilikna bahwa hidup jangan terlalu dibawa tegang. Jalani saja, setiap kesulitan pasti ada jalannya apabila terus berusaha. Pelan namun pasti, kesulitan akan berubah jadi kemudahan.

Mengurus kura-kura tidak membuat kantong jebol. Kura-kura suka sayuran atau makanan beku ketika lapar. Lalu, hewan ini bisa mengurus dirinya sendiri ketika waktu berjemur.

Ikan Hias Biar Adem

Hewan ini juga bisa menjadi penghilang stress. Sebuah studi dari Deborah Cracknel, seorang penulis utama dan peneliti yang bekerjasama dengan Plymouth University mengatakan bahwa melihat ikan berenang di aquarium dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Ikan yang dapat dipelihara yakni ikan hias yang bisa hidup di akuarium. Semakin banyak warnanya, maka semakin menarik perhatian mata. Selain itu, mempercantik sudut ruangan rumah juga. Ukuran akurium dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Anjing, Hewan Setia dan Ramah

Kalau ada kucing, pasti ada anjing. Hewan ini terkenal loyal dan ramah kepada pemiliknya. Sekali memeliharanya, maka anjing akan menjaga pemiliknya. Sikap tersebut membuat anjing jadi hewan yang diandalkan manusia untuk situasi suka dan duka.

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health, lebih dari 2.000 orang dewasa yang memiliki anjing memiliki kesehatan yang lebih baik. Mereka kerap berinteraksi dengan hewan peliharaannya. Kalau pemiliknya rutin mengajaknya olahraga, maka tubuh akan jauh lebih rileks.

Si Mungil Hamster

Hewan ini cocok sekali untuk mahasiswa atau pekerja yang tinggal di kos-kosan. Hewan pengerat ini bisa menjadi pelepas stress setelah seharian beraktivitas. Hewan kecil ini juga tidak berbau, sehingga kamu tetap nyaman jika seruangan dengannya. Hampir sama seperti kura-kura, perawatannya mudah. Calon pemilik cukup menyediakan rumah hamster dan makanan seperti kacang-kacangan.

Itulah hewan-hewan yang dapat menjadi pereda stress. Jadikan hewan sebagai teman, bukan sebagai lawan. Sayangilah sebagai sesama makhluk Tuhan dengan penuh cinta kasih dan sayang. Selamat hari hak asasi hewan!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*