Gak Mudah, Perlu Berdarah-Darah untuk Lintas Jurusan IPA ke IPS

Siswa lintas jurusan harus menyicil materi. Tidak dapat dianggap enteng, lintas jurusan butuh ekstra waktu dan tenaga untuk paham konsep (KalderaNews/Ist)
Siswa lintas jurusan harus menyicil materi. Tidak dapat dianggap enteng, lintas jurusan butuh ekstra waktu dan tenaga untuk paham konsep (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kata orang-orang, lintas jurusan dari IPA ke IPS merupakan hal yang mudah, sementara IPS ke IPA merupakan hal sulit. Padahal, lintas jurusan memang tidak gampang, apalagi ketika persiapan masuk kuliah. Siswa bukan hanya menghapal, tapi juga harus mengerti konsep.

Mempelajari konsep tentunya tidak bisa satu malam layaknya bangun candi. Jika kamu siswa sekolah, lalu merasa salah jurusan, maka saatnya tetapkan tujuan lebih awal. Sebagai calon peserta ujian masuk kuliah, maka harus siapkan dari sekarang.

Memang ada paket ujian yang mengkombinasikan IPA dan IPS, namun hal tersebut tidak efektif. Menguasai pelajaran di satu jurusan saja perlu waktu lama, apalagi jika dua jurusan. Yakinkan diri kamu bahwa pindah jurusan memperbesar peluang untuk lolos tes masuk kuliah.

BACA JUGA:

Beli Buku SBMPTN Soshum

Ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Dengan membeli buku baru, maka tekad serta motivasi intrinsik sudah ada. Jika tidak bisa membeli, maka carilah soal-soal yang beredar di sosial media, lalu cetak. Sejatinya, soal ujian setiap tahun selalu sama, hanya beda pola dan pertanyaan.

Prioritaskan Waktu untuk Belajar

Ada istilah kelas 10 dan 11 merupakan masa meningkatkan nilai dan prestasi, sementara kelas 12 fokus untuk ujian masuk kuliah. Hal tersebut benar adanya. Nilai pada semester ganjil kelas 12 merupakan kesempatan terakhir supaya lolos undangan. Sisa sebagian besar harus dikerahkan kepada persiapan ujian masuk kuliah.

Berhubung sekolah di rumah, maka tidak ada ekstrakulikuler. Isi waktu kosong dengan mengulang konsep materi sebelum kelas 12. Kamu bisa membeli buku saku atau rekap materi di selembar kertas.

Kerjakan Soal Sebanyak Mungkin

Latihan membuahkan hasil kesempurnaan. Pindah jurusan memang memerlukan ekstra tenaga untuk belajar. Berhubung kamu belajar dari awal, maka teruslah berlatih dengan mengerjakan soal sebanyak mungkin. Lama kelamaan kamu mengerti pola soalnya.

Ingatlah, bukan hanya dikerjakan, tetapi juga pahami. Kalau kamu hanya menghapal urutan pilihan ganda, maka tidak ada pemahaman yang signifikan. Tentukan target soal per hari yang dapat kamu kerjakan.

Berdoa

Sekeras apapun usaha, maka andalkan Tuhan untuk mengatur sisa penentu.

Atur Jadwal Per Minggu/Materi

Berhubung siswa harus memahami konsep materi yang sekian banyaknya, maka atur jadwal belajar. Misal, sebulan ada 4 minggu, maka minggu pertama belajar Ekonomi, kemudian akhir pekan mengerjakan soalnya. Lalu, minggu kedua kupas tuntas Sosiologi dan latihan di akhir pekan. Begitu seterusnya.

Itulah tip menguasai materi lintas jurusan dari IPA ke IPS. Tidak terasa sebentar lagi akan berganti tahun. Siapkan amunisi untuk masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan. Entah itu perguruan tinggi swasta atau negeri, siswa lintas jurusan tetap harus paham konsep supaya kuliah tidak bingung.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*