Gelar Pertukaran Mahasiswa Nasional Secara Daring, Untar Diganjar Rekor Muri

Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menerima penghargaan Rekor Muri. (KalderaNews.com/Dok.Untar)
Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menerima penghargaan Rekor Muri. (KalderaNews.com/Dok.Untar)

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Tarumanagara alias Untar berhasil meraih Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Program Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) 2020 secara daring oleh perguruan tinggi terbanyak, yaitu diikuti 36 perguruan tinggi, dan diikuti 900 peserta. Perhelatan yang mengangkat tema tentang kewirausahaan ini diadakan selama 3 hari, 15 – 17 Oktober 2020.

BACA JUGA:

Program yang digelar Untar ini memberikan bukti, meskipun pembelajaran di Indonesia terdampak pandemi Covid-19, inovasi tetap bisa dijalankan. Program Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) 2020 ini mengajak mahasiswa dari beragam perguruan tinggi di Indonesia bertemu serta menjalin komunikasi dan relasi untuk bekerja sama dengan membangun jaringan, yang akan memiliki manfaat di kemudian hari jika kelak menjadi wirausahawan.

Selama 3 hari, para peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman dari para pemateri, serta berkesempatan menyelesaikan tugas kelompok. Program Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) 2020 ini memang mempersiapkan lulusan yang mampu membuka peluang bekerja bagi masyarakat.

Selain Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, hadir pula sebagai narasumber Founder Papermotion Tania Hendrica, Notaris Dr. Marta, S.H., M.H., Cn., Pakar HKI Christine S.T. Kansil, S.H., M.H., CEO sekaligus Ketua umum Asosiasi Pariwisata Nasional Dr. Ngadiman, dan Praktisi Komunikasi Bisnis Chelsea Gozali, S.H.

Program ini dibuka Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. Dia mengatakan, “Mahasiswa mendapat kesempatan belajar di luar program studi masing-masing seperti magang, penelitian, kegiatan kewirausahaan, atau pertukaran pelajar seperti acara pertukaran Mahasiswa Nasional 2020 ini yang merupakan program yang sangat luar biasa biasa bagusnya dan yang pertama diselenggarakan oleh PTS.”

“Melalui acara ini, para mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai kreativitas, inovasi, kolaborasi, bagaimana mendirikan bisnis start up hingga keterampilan berkomunikasi. Saya memberi apresiasi dan selamat kepada Universitas Tarumanagara yang semakin cemerlang karena dukungan penuhnya untuk menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berwirausaha dan mewujudkan program kampus merdeka, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua,” imbuhnya.

Sementara, Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengatakan bahwa kolaborasi kegiatan pertukaran mahasiswa seperti ini penting untuk dilakukan. Networking, katanya, akan membuka peluang untuk memperluas koneksi serta memperbanyak ilmu.

Piagam penghargaan Rekor Muri yang diterima Universitas Tarumanagara. (KalderaNews.com/Dok.Untar)

“Keunggulan yang Untar bangun adalah integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship, karena Untar dibangun oleh para entrepreneur yang memiliki perhatian di bidang pendidikan, sehingga nilai-nilai tersebut selalu melekat. Dalam menumbuhkan semangat Entrepreneurship ini kita akan menjalankan kegiatan yang padat selama 3 hari, kegiatannya meliputi kreativitas inovasi kerjasama bagaimana mendirikan startup bagaimana mendirikan Perseroan Terbatas, bagaimana mendaftarkan HKI, CEO talk, hingga bernegosiasi,” papar Rektor.

Di akhir acara, diberikan 2 kategori penghargaan, yakni Penghargaan Peserta Terbaik yang diraih Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Nicholas Rijako serta Penghargaan Perguruan Tinggi dengan peserta terbanyak yang diraih oleh Universitas Bosowa Makassar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*