Ingin Jadi Guru? Jawab Dulu 4 Pertanyaan Dasar Ini!

Ilustrasi guru mengajar (KalderaNews/ Ist)
Ilustrasi guru mengajar (KalderaNews/ Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Guru merupakan profesi yang membutuhkan keterampilan berpikir yang luas. Jika Anda sedang menunggu panggilan wawancara untuk jadi guru, maka pertanyaan yang sering diajukan yang dapat Anda antisipasi, ditambah tip untuk memoles jawaban Anda.

Biasanya, calon guru akan ditanya terkait dengan area subyek pelajaran yang dikuasai. Antisipasi juga bahwa calon guru akan diberi pertanyaan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman dalam memenuhi kebutuhan seluruh siswa.

Selain itu, bersiaplah untuk menjelaskan bagaimana Anda menghormati dan memperhatikan pertumbuhan sosial, emosional, dan akademis siswa, baik secara individu maupun sebagai kelompok. Lalu, bersiaplah untuk pertanyaan tentang manajemen kelas, hubungan guru-siswa, keterlibatan siswa, dan hasil pembelajaran. Berikut adalah jenis pertanyaan dan panduan untuk menjawabnya.

BACA JUGA:

Mengapa Memutuskan untuk Menjadi Seorang Guru?

Siapkan pernyataan misi profesional singkat yang menjelaskan tidak hanya bagaimana Anda ingin mengubah kehidupan siswa, tetapi juga bagaimana kehidupan Anda sendiri diperkaya dengan menjadi seorang guru. Jawablah dengan apa yang Anda rasa jika menjadi guru.

Selain itu, perhatikan pernyataan visi dan misi sekolah, lalu cocokkan dengan konsep pengajaran Anda. Hal ini untuk melihat apakah Anda sejalan dengan visi dan misinya atau tidak.

Bagaimana Guru Memotivasi Siswa untuk Aktif Partisipasi?

Pada pertanyaan ini, jelaskan bagaimana Anda membuat ruang kelas yang berpusat pada siswa yang menginspirasi kreativitas, semangat, dan tujuan. Calon guru dapat mengambil inspirasi dari sosial media atau konten video mengenai konsep kegiatan belajar mengajar.

Apakah Guru Adaptif dengan Teknologi?

Di masa pandemi Covid-19 saat sekolah melalukan pembelajaran jarak jauh via daring, maka bisa saja calon guru ditanya mengenai kemampuan adaptasi pada teknologi. Jawablah dengan cara Anda memudahkan siswa untuk mengakses informasi dan cara berkomunikasi dengan siswa selama PJJ.

Ada Pertanyaan Untuk Kami?

Pertanyaan ini untuk mengulik rasa penasaran calon guru dengan lingkungan yang akan ditempati. Cobalah bertanya mengenai ekspektasi pihak sekolah terhadap pengajaran Anda. Jawaban yang Anda terima akan mengungkapkan apa yang paling dihargai pewawancara Anda tentang pendidikan, dan wawasan ini akan memungkinkan Anda menyesuaikan percakapan penutup dengan minat pihak rekruiter.

Itulah gambaran pertanyaan untuk guru ketika diwawancara oleh pihak sekolah. 4 pertanyaan dasar tersebut tentu saja belum mewakili keseluruhan wawancara, akan tetapi lebih baik menyiapkan daripada tidak sama sekali. Jawaban Anda akan menggambarkan integritas sebagai guru.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*