Kekurangan Biaya? Inilah 5 Alasan Tak Boleh Putus Kuliah

Ilustrasi: Inilah alasan tak boleh putus kuliah karena kekurangan biaya. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Inilah alasan tak boleh putus kuliah karena kekurangan biaya. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pernah berpikir tak bisa melanjutkan kuliah karena keterbatasan biaya? Semoga tidak ya, Gaes! Tapi ada banyak mahasiswa di Indonesia yang putus kuliah lantaran kendala biaya.

Namun sisi yang lain, ada banyak mahasiswa di Indonesia yang harus berupaya keras tetap kuliah dengan biaya sendiri. Mereka biasa bekerja paruh waktu atau membuka usaha kecil-kecilan demi menutup biaya kuliah.

BACA JUGA:

Sebenarnya, saat ini ada beragam cara agar kamu tidak perlu memikirkan biaya kuliah. Nah, inilah 5 alasan kamu tidak boleh putus kuliah hanya karena kekurangan biaya:

Banyak pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Kuliah sambil bekerja. Sudah banyak mahasiswa yang melakukan hal ini. Apalagi sekarang dunia digital sudah merambah ke semua lini. Hal pertama yang mesti kamu miliki adalah keterampilan atau skill.

Keterampilan itulah yang menjadi modal kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu. Misal kamu memiliki keterampilan menulis atau fotografi, kamu bisa menjadi penulis atau fotografer lepas di semuah media online. Atau kamu memiliki keterampilan meracik kopi, kamu bisa menjadi barista di kafe.

Selain itu, kamu juga bisa membuka usaha sendiri secara online. Saat ini, ada banyak jenis usaha yang tak membutuhkan modal banyak. Lagi-lagi, keterampilan dan pengetahuan akan sangat menentukan laju usaha kamu.

Banyak pilihan beasiswa untuk mahasiswa

Saat ini ada banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Perguruan tinggi negeri maupun swasta, saat ini, juga membuka aneka peluang beasiswa untuk membantu kuliah para mahasiswanya.

Jenis beasiswa juga beraneka macam, ada beasiswa prestasi akademik, beasiswa non akademik, dan yang lain. Yang perlu lakukan hanya menunjukkan bahwa kamu memang layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Ada program cicilan pendidikan

Selain beasiswa, saat ini ada program yang tidak membebani kamu untuk melanjutkan kuliah. Jangan lihat besarnya biaya kuliah, namun carilah cara agar yang besar itu menjadi ringan. Kini, ada banyak layanan keuangan yang memberikan program khusus untuk cicilan pendidikan di perguruan tinggi.

Ada program kuliah online

Kamu ingin bekerja terlebih dahulu setelah lulus SMA. Jika itu pilihan kamu ya sah-sah saja. Apalagi saat ini, banyak perguruan tinggi yang membuka jalur khusus karyawan. Artinya meskipun kamu memilih untuk bekerja, bukan tak mungkin untuk melanjutkan kuliah. Biasanya, program khusus karyawan ini juga membuka kelas-kelas online, sehingga tak mengganggu pekerjaan kamu di kantor.

Pendidikan modal meraih masa depan

Mau tidak mau, suka tidak suka, kelak kamu akan hidup mandiri, tanpa kehadiran orangtua di samping kamu. Di sinilah, keterampilan dan pengetahuan kamu menjadi modal untuk hidup mandiri. Kuliah atau meniti pendidikan di perguruan tinggi adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu. Tak bisa dipungkiri, pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan.

So, itulah 5 alasan kamu tak boleh putus kuliah di tengah jalan gegara kekurangan biaya. Tetap semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*