Kiat Manjur Dapat Skor Tinggi Tes TOEFL Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi belajar Tes TOEFL daring (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi belajar Tes TOEFL daring (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 membuat pelamar beasiswa memutar otak untuk mendapatkan sertifikasi TOEFL ITP/iBT secara aman. Sertifikat bahasa menjadi salah satu persyaratan dokumen apabila melamar beasiswa ke luar negeri. Berhubung PSBB diberlakukan kembali, maka tes bahasa seperti TOEFL ITP/iBT dilakukan secara daring.

Tes yang dilakukan daring memerlukan usaha lebih besar untuk mendapatkan skor tinggi. Bagaimana caranya agar tes berjalan lancar dan mendapatkan skor tinggi?

Cek Standar Perangkat Tes

Setelah Anda mendaftar tes TOEFL daring, mak pihak lembaga akan mengirimkan panduannya melalui e-mail. Jika belum dikirimkan, maka mintalah ke pihak lembaga untuk diproses. Pengecekan dimulai dari run system check, test delivery check, bandwidth check, serta melakukan penginstallan zoom dan aplikasi TOEFL-nya.

Belajar

Tidak ada usaha yang menjadi keajaiban jika tidak berusaha. Belajar bahasa identik dengan kebiasaan dan keterampilan, sehingga butuh usaha dan waktu. Jika sudah bisa dengan bahasa Inggris, maka ulangi melalui media seperti film, lagu, atau menulis supaya makin mantap. Dengan begitu, usaha seperti ini dapat memperbesar peluang mendapatkan skor tinggi.

BACA JUGA:

Lagipula, PSBB mewajibkan orang-orang untuk tidak keluar rumah jika tidak penting. Maka, inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sembari menunggu waktu tes.

Pakai Headset

Enaknya tes TOEFL daring ialah Anda tidak terganggu oleh suara-suara sekitar dari orang lain yang seruangan. Anda cukup menyendiri, lalu fokus mengerjakan. Pada bagian listening, dengarkan seksama dengan menggunakan headset.

Istirahat yang Cukup

Tes TOEFL daring memang instan. Anda tidak perlu membulat-bulatkan jawaban. Cukup klik, maka jawaban akan tersimpan otomatis. Akan tetapi, menatap layar laptop terlalu lama merupakan kekurangan tes TOEFL daring bagi sebagian orang. Salah satu cara agar mata tidak cepat lelah ialah istirahat cukup sebelum ts, yakni tidur 8 jam.

Biasanya, mata akan lelah pada bagian Reading and Structure. Mata yang lelah akan memengaruhi kinerja otak untuk berpikir. Maka dari itu, jagalah mata agar tidak kelelahan saat tes TOEFL daring. Pakai obat tetes mata pun tidak cukup jika Anda kurang istirahat.

Itulah tip dasar untuk mendapatkan skor tinggi saat tes TOEFL daring. Siapkan hingga matang dan jangan lupa istirahat. Latihan terus hingga Anda dapat menghilangkan keraguan pada diri sendiri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*