Ternyata, Inilah 11 Cara Jitu Agar Skripsi Cepat Selesai

Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyusun sebuah skripsi masih menjadi syarat kelulusan program studi S1. Jadi, setelah kamu menyelesaikan seluruh teori kuliah, saatnya menerapkan semua ilmu pengetahuan itu ke dalam sebuah penelitian yang hasil akhirnya adalah skripsi.

Bisa jadi, inilah momen terberat selama menjalani kuliah S1. Tapi, jika kamu tahu cara yang tepat, pasti kamu bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat.

BACA JUGA:

Nah, inilah 11 cara agar skripsi kamu cepat selesai. Simak ya!

Kamu harus buat deadline sendiri

Sebelum berangkat bertemu dosen pembimbing skripsi, ada baiknya kamu membuat deadline sendiri, kapan skripsi kamu harus selesai. Buat pula peringatan yang membuat kamu merasa rugi jika menunda mengerjakan skripsi. Misal, “menunda skripsi berarti gagal menikah”, atau “gagal skripsi, menunda waktu bertemu mertua”, atau “skripsi tidak selesai, gaji besar melayang”, dan yang lain.

Pilih topik yang kamu kuasai

Ini juga penting kamu pertimbangkan sebelum melangkah jauh membuat skripsi. Usahakan topik penelitian yang kamu pilih adalah tema yang kamu kuasai dan sukai. Sebaiknya sih jangan coba-coba mengambil topik yang kamu tidak kuasai, karena akan sangat berisiko dalam mengerjakannya.

Jika bisa, pilih pembimbing beda gender

Memang ini belum terbukti secara ilmiah. Tapi biasanya, kalau sama-sama laki-laki atau perempuan, sensinya suka berlebihan. Maksudnya begini, jika kamu perempuan, pilih dosen pembimbing yang laki-laki. Pun sebaliknya. Ini hanya strategi saja agar kamu lebih mudah menghadapi dosen pembimbing.

Harus cari tempat yang kondusif

Yang ini juga penting, Gaes! Pilihlah tempat yang membuat kamu nyaman dan bisa fokus dalam mengerjakan skripsi. Bila perlu cari kos-kosan yang membuat kamu mampu berkonsentrasi penuh. Atau jika kamu senang mengerjakan di kafe ya ke kafe. Atau kalau kamu suka suasana sepi dan tenang bisa mengerjakan di perpustakaan.

Cari informasi tentang dosen pembimbing

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang dosen pembimbing. Informasi ini biasa beredar di kakak kelas kamu. Hal ini penting agar kamu bisa lebih mudah dalam menghadapinya. Misal sang dosen suka genre musik tertentu, maka sebelum bimbingan skripsi, kamu bisa mengajak ngobrol soal hal itu. Atau si dosen suka klub sepakbola tertentu, kamu bisa mulai “masuk” dengan obrolan tentang klub tersebut.

Pakai buku dosen untuk referensi

Strategi yang lain adalah dengan mencantumkan buku sang dosen pembimbing sebagai referensi skripsi kamu. Jika buku si dosen tidak ada kaitan dengan topik skripsi kamu, bawa saja buku itu saat bimbingan skripsi dan tunjukkan kalau kamu sudah baca buku itu. Bagaimana pun orang akan merasa diapresiasi jika karyanya dihargai orang lain. So, kamu bisa gunakan strategi ini.

Sering datang di acara wisuda

Kalau yang ini sekadar memacu motivasi kamu. Maka, jika ada teman seangkatan kamu sudah wisuda terlebih dahulu, ada baiknya kamu datang. Kalau perlu, kamu juga datang ke acara pernikahan teman kamu yang sudah diwisuda itu. Pasti kamu “auto termotivasi” untuk segera menyelesaikan skripsi.

Kurangi jadwal nongkrong di kafe

Kalau ke kafe untuk diskusi atau mengerjakan skripsi tentu tak masalah. Tapi, jika kamu hanya nongkrong di kafe dengan tujuan tak jelas, sebaiknya dikurangi. Boleh sekali-sekali, tapi jangan terlalu sering. Karena ini bakal mengurangi konsentrasi kamu untuk mengerjakan skripsi.

Teman kamu ingin lulus semua

Biasanya dosen pembimbing skripsi memberikan bimbingan skripsi ke beberapa mahasiswa. Nah, sebaiknya kamu membuat kelompok atau grup di media sosial untuk saling tukar informasi, pengetahuan, dan yang lain. Selain itu, manfaat grup ini adalah agar kamu tetap berada di lingkungan para mahasiswa yang memang ingin segera lulus kuliah.

Minta doa restu dari orangtua

Ini juga penting, Gaes! Sebaiknya sebelum mengerjakan skripsi, kamu minta doa restu kepada orangtua agar dilancarkan segala daya upaya kamu.

Kamu juga harus rajin berdoa

Selain minta doa kepada orangtua, kamu sendiri juga mesti rajin berdoa, agar skripsi kamu bisa berjalan dengan lancar, serta membawa manfaat bagi banyak orang.

So, itulah 11 trik jitu agar skripsi kamu segera selesai. Selamat mencoba!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*