Ternyata, Inilah 8 Kebiasaan Positif Mahasiswa di Luar Negeri yang Pantas Ditiru

Ilustrasi: 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang bisa ditiru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang bisa ditiru. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu ingin sukses dalam menjalani kuliah? Pasti dong! Tapi ada banyak tantangan selama menekuni masa-masa belajar di perguruan tinggi.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membangun kebiasaan positif. Kebiasaan ini bisa kamu tiru dari kebiasaan mahasiswa di luar negeri.

BACA JUGA:

So, berikut ini 8 kebiasaan positif mahasiswa di luar negeri yang wajib dicontoh:

Membuat rencana dan target kuliah

Mahasiswa di luar negeri sudah terbiasa dengan membuat rencana dan target kuliah, untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Rencana dan target ini juga menjadi bahan untuk mengevaluasi perkuliahan.

Biasa membaca dahulu materi perkuliahan

Sebelum kuliah, mahasiswa luar negeri biasa membaca dahulu materi yang akan dipelajari selama satu semester. Informasi ini mereka dapatkan dari website resmi universitas. Beberapa universitas luar negeri, bahkan sudah mencantumkan referensi bacaan bagi mahasiswa di laman website universitas. Hal ini membuat mahasiswa luar lebih unggul dalam urusan gemar membaca.

Aktif berpendapat serta berdiskusi di kelas

Berpendapat dan berdiskusi di kelas bagi mahasiswa di luar negeri bukanlah ajang pamer maupun cara untuk mendapatkan nilai tambahan. Mereka pada umumnya secara sukarela berpendapat dan berdiskusi agar makin memahami materi.

Tak malu bertanya jika belum paham materi

Bagi mahasiswa di luar negeri, bertanya menjadi kebiasaan yang umum dilakukan. Bertanya bukanlah hal yang memalukan. Tetapi, untuk mengajukan pertanyaan ke dosen, biasanya mereka selalu mempersiapkan argumen.

Beri kritik dengan bahasa sopan

Saat kuliah di kelas, mahasiswa di luar negeri biasa saling memberikan kritik terkait tugas dan presentasi. Tetapi tentu saja, kritik diajukan dengan bahasa yang sopan dan disertai argumen yang kuat dan solusi.

Berbagi ilmu dengan diskusi bermakna

Diskusi sebenarnya menjadi sarana belajar juga bagi mahasiswa. Mahasiswa di luar negeri telah terbiasa berbagi ilmu dengan berdikusi, baik dengan rekan-rekannya maupun dosen. Diskusi ini mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dengan prinsip tak ada yang “kalah” dan “menang”.

Susun jadwal belajar dan rekreasi mingguan

Mahasiswa di luar negeri biasa membuat jadwal belajar setiap minggu. Kegiatan mereka telah terjadwal dengan amat rapi. Selain belajar, mereka juga biasa membuat rencana liburan atau rekreasi di akhir minggu.

Sering Berkunjung ke perpustakaan kampus

Mahasiswa di luar negeri kerap berkunjung ke luar negeri. Ini sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Tak hanya membaca, mereka juga kerap membuat kelompok diskusi di perpustakaan.

So, itulah 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang patut ditiru.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*