Tutup KSN SMA Jenjang SMA 2020, Asep Sukmayadi: Pandemi Harus Membangun Energi Positif

Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi
Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi menegaskan pandemi Covid-19 harus membangun energi positif dan semangat baru untuk beradaptasi ke arah yang lebih baik.

Harapan ini disampaikannya pada Malam Apresiasi dan Pengumuman Pemenang Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA, Jumat, 16 Oktober 2020.

“Dalam sektor pendidikan ke depannya blended learning atau kombinasi pembelajaran tatap muka dan online akan berkembang lebih pesat lagi, yang mungkin akan membuat biaya pendidikan menjadi lebih terjangkau, sehingga pendidikan bermutu bisa dinikmati oleh semua, termasuk adaptasi dalam berprestasi secara baru di dalam kompetisi sains yang baru saja kita buktikan,” tandasnya.

Sejak dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi pada Senin, 12 Oktober 2020 lalu, Kompetisi Sains Nasional jenjang SMA ini berlangsung secara daring hingga 17 Oktober 2020 sukses dilakukan.

Ada 9 bidang yang dilombakan, yaitu: Astronomi 99 peserta, Biologi 100 peserta, Ekonomi 100 peserta, Fisika 100 peserta, Geografi 100 peserta, Informatika Komputer 99 peserta, Kebumian 100 peserta, Kimia 100 peserta, Matematika 100 peserta.

BACA JUGA:

Total peserta 9 bidang lomba KSN SMA 2020 adalah sebanyak 898 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan saat KSN masih bernama OSN (BACA: OSN Berubah Jadi KSN, Jujur Lebih Bergengsi Kata Olimpiade atau Kompetisi Coba?) pada 2019 lalu dengan 685 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Tanah Air.

Tahun ini masing-masing bidang disiapkan 30 medali yang terdiri atas 5 emas, 10 Perak dan 15 Perunggu.

Semua hasil KSN tahun 2020 di berbagai bidang ini pun akan menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021, seperti International Mathematical Olympiad (IMO) di Washington DC, Amerika Serikat, International Physics Olympiad (IPhO) di Belarusia, International Chemistry Olympiad (IChO) di Osaka, Jepang dan International Olympiad in Informatics (IOI) di Mesir.

Ada pula International Biology Olympiad (IBO) di Lisbon, Portugal, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Ukraina, International Earth Science Olympiad (IESO) di Beijing, China, International Geography Olympiad (IGeO) di Bandung, Indonesia dan International Economics Olympiad (IEO) di Qatar.

Daftar Lengkap Pemenang KSN Jenjang SMA 2020

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*