Berikut Ini Tips Usir Kantuk Saat Beraktivitas

Ngantuk Karena Bosan
Hormon adenosin adalah hormon yang merangsang untuk mengantuk dan akhirnya tertidur. Hormon ini adalah hormon tidur (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderNews.com – Kuap sering terjadi saat seseorang merasa letih atau mengantuk. Kantuk terkadang datang di saat yang tidak tepat. Misalnya saja di sekolah, di kampus, pada saat jam kantor atau rapat penting. Menurut sebuah survei di Amerika, sekitar 1 dari 10 karyawan mengakui mereka pernah tertidur di jam kerja.

Teridur di jam kerja mungkin hanya menimbulkan rasa malu jika ketahuan, tetapi untuk mereka yang pekerjaannya membutuhkan konsenstrasi tinggi bisa berdampak fatal.

BACA JUGA:

Bila Anda sering diserang rasa kantuk saat bekerja, kiat sederhana berikut bisa dicoba untuk membuat Anda bangkit dari kantuk sepeti di kutip dari everydayhealth.

  1. Ngemil

Ngemil termasuk dalam ‘obat’ pengusir kantuk. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa protein merangsang sel orexin di otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang membuat kita tetap waspada dan terjaga.  Sebagai perbandingan, camilan yang kaya karbohidrat justru dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya sehingga membuat kita mudah ngantuk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*