Robot Ini Siap untuk Misi Ruang Angkasa

Robot DeployBot
Robot DeployBot (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SEOUL, KalderaNews.com – Peneliti telah membangun robot dengan menggunakan bahan yang lembut dan deployable. Robot ini bisa bergerak tanpa bantuan motor penggerak atau komponen mekanis lainnya. Ia berjalan saat arus listrik diterapkan pada paduan memori yang dibangun dalam bingkainya.

Wei Wang dan tim di Seoul National University dan Sungkyunkwan University, Korea Selatan, mengatakan bahwa robot dapat dengan mudah dipasang dan dikonfigurasi ulang ke dalam bentuk yang berbeda, yang membuatnya berguna dalam misi luar angkasa dan eksplorasi dasar laut.

BACA JUGA:

Dijuluki DeployBot, robot ini dirakit dari delapan modul. Empat modul untuk tubuh dan lainnya untuk masing-masing dari empat kakinya. 

Bentuk kabel paduan memori pada bingkai robot kembali ke bentuk aslinya saat dipanaskan. Menurut peneliti, saat ini menyebabkan modul berkontraksi dan memungkinkannya bergerak.

Para periset mengharapkan teknik yang digunakan pada robot ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai desain dan fungsi robot yang lebih luas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*