Ini Lho Biaya Kuliah di 10 Universitas Terbaik di Indonesia Saat ini

Sharing for Empowerment
Mahasiswa baru di UGM Yogyakarta (Foto: UGM)


JAKARTA, KalderaNews.com – Platform UniRank mengukur peringkat universitas di Indonesia berdasarkan kepopuleran situsnya di internet, reputasi serta kredibilitas dari masing-masing universitas. Salah satu referensinya adalah topuniversities.com yang memuat rekomendasi universitas terbaik di seluruh dunia. KalderaNews menurunkan 10 besar universitas terbaik di Indonesia plus biaya kuliahnya:

1. Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta
UGM menduduki peringkat pertama dalam 2017 Indonesian Universities Ranking. Sistem pembayaran uang kuliah di UGM menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT), yaitu biaya per semester yang disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Adapun biaya per semester berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 14.000.000 tergantung dari jurusan dan golongan penghasilan orang tua.

2. Universitas Indonesia (UI) di Depok
Universitas Indonesia (UI) berhasil mempertahankan reputasinya sebagai sekolah ilmu kesehatan dan sekolah dokter yang menjadi rujukan untuk mencari calon dokter terbaik. Selain seleksi masuknya sulit, biaya kuliah di UI juga tidak murah. Sama seperti UGM, UI juga memberlakukan UKT untuk tarif per semesternya. Kisaran uang semester untuk Program Sarjana adalah Rp 2.000.000 sampai Rp 15.000.000 tergantung program studi atau jurusan yang diambil.

3. Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo
UNS memiliki popularitas sebagai universitas yang banyak dicari di internet. Kisaran uang semester di UNS mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 30 juta. Tentunya besaran uang semester ini disesuaikan dengan penghasilan orang tua dan jurusan yang dipilih. Namun mahasiswa yang mengikuti program bantuan dana pendidikan dari pemerintah akan diberi bantuan maksimal Rp 24 juta.

4. Universitas Brawaijaya (Unibraw) di Malang
Unibraw memberlakukan dua sistem pembayaran yaitu sistem pembayaran per semester dan sistem sekali bayar. Adapun uang per semester yang berlaku ada di kisaran Rp 2.625.000 sampai Rp 10 juta tergantung golongan pendapatan orang tua dan jurusannya. Sedangkan nominal biaya untuk sistem sekali bayar mulai dari angka Rp 15 juta hingga sekitar Rp 165 juta.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung
TB selalu memastikan bahwa alumninya memiliki daya saing tinggi di dunia kerja. Hal inilah yang menjadikan ITB sebagai salah satu tujuan favorit para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang setara. Biaya UKT untuk program studi non Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) adalah Rp 10 juta. Sedangkan untuk SBM adalah Rp 20 juta.

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Yogyakarta
Reputasi UNY dibuktikan dengan hasil survey dari Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) di tahun 2007 yang menunjukkan bahwa dari 20 universitas yang disurvey, UNY adalah satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang layak masuk ke kategori kelas dunia (the most promoting university). Kisaran UKT untuk UNY adalah Rp 500.000 sampai Rp 6.350.000 tergantung pada program studi dan golongan penghasilan orang tua.

7. Universitas Padjajaran (Unpad) di Bandung
Unpad berdiri pada tanggal 11 Septmber 1957 di Bandung. Saat ini, Unpad berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Biaya UKT yang dikenakan pada mahasiswa disesuaikan dengan program studi dan penghasilan orang tuanya. Kisaran UKT di Unpad adalah antara Rp 500.000 sampai Rp 10 juta.

8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung
Pada tahun 1999, Presiden membuat keputusan agar tempat pendidikan para guru ini menjadi universitas. Dengan ketetapan ini, UPI memiliki cakupan bidang keilmuan yang lebih luas atau tidak hanya sekedar di bidang keguruan saja. UKT untuk mahasiswa UPI besarnya antara Rp 500.000 sampai Rp 9 juta sesuai golongan penghasilan orang tua dan program studinya.

9. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya
ITS memiliki konsep Smart Eco-Campus yang diterapkan untuk lingkungan kampusnya. Kisaran biaya UKT di ITS adalah antara Rp 500.000 sampai Rp 7.500.000. Sebagaimana universitas lainnya yang memberlakukan UKT, besaran biaya per semester disesuaikan dengan penghasilan orang tua.

10. Universitas Diponergoro (Undip) di Semarang
Secara resmi, Universitas Diponergoro (Undip) berdiri pada tahun 1957 dengan nama Universitas Semarang. UKT di Undip ada dimulai dari angka Rp 500.000 dan yang termahal adalah biaya UKT Fakultas Kedokteran golongan 7 yaitu Rp 19 juta. (JS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*