Kekerasan di Dunia Pendidikan pada 2017 Cenderung Sadis

Sharing for Empowerment


JAKARTA, KalderaNews.com – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) dalam catatan akhit tahun 2017 membeberkan temuan kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan dengan melibatkan murid, oknum guru hingga orang tua murid cenderung masif, mengerikan dan sadis.

Pembina FSGI Retno Listyarti menyebutkan contoh kasus siswa kelas 3 SD yang bernama SR (9 tahun) di Sukabumi yang tewas setelah terlibat perkelahian dengan temannya di belakang sekolah.

Komisioner KPAI ini juga mencontohkan kekerasan yang melibatkan oknum guru di Lombok Barat. Kekerasan tersebut diam-diam ada yang merekam sehingga menjadi barang bukti. Anehnya, guru tersebut justru menjadi guru “andalan” bagi kepala sekolah dalam menertibkan para siswa.

Tak hanya itu, beberapa video kekerasan di sekolah juga sempat viral di media sosial setelah ada yang mengunggah, seperti video yang memperlihatkan empat siswi sedang ditampar oleh seorang guru yang juga perempuan di Maluku, video kekerasan pemukulan terhadap seorang siswa yang cukup sadis di salah satu sekolah di Pontianak yang dilakukan di dalam kelas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*