NASA: Jangan Lewatkan Kembang Api Berpadu Supermoon Malam Ini

Sharing for Empowerment


WASHINGTON, KalderaNews.com – Tahun 2017 akan berakhir dalam hitungan beberapa jam ke depan. Malam tahun barumu dipastikan akan semarak dan nggak ngebosenin karena bakal ada hiasan “supermoon” alias bulan serigala yang besar dan terang. Pastikan dirimu menyambut tahun baru di luar ruangan. Warna-warni kembang api akan berpadu indah dengan supermoon.

Istilah supermoon mengacu pada bulan purnama yang tampak lebih besar dan lebih bercahaya karena kedekatannya yang meningkat dengan Bumi, sedangkan “bulan serigala” mengacu pada bulan purnama pertama tahun baru yang kebetulan jatuh pada awal tahun baru.

Tidak tanggung-tanggung, NASA memperkirakan bulan serigala malam ini akan 14 hingga 30 persen lebih terang dari biasanya.

Supermoon 2017 ini benar-benar istimewa. Selain muncul di malam pergantian tahun, juga bertepatan dengan gerhana bulan total yang akan memberi bulan sebuah sinar kemerahan karena sinar matahari tercermin dari atmosfer bumi.

“Supermoon adalah kesempatan besar bagi orang untuk mulai melihat bulan, bukan hanya itu, tapi setiap kesempatan yang mereka miliki,” kata  seorang ilmuwan riset dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA Noah Petro seperti dikuti Time. (NS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*