Indonesia Hadapi Dilema “Missing Middle”, IFC Gelontorkan Pinjaman

Sharing for Empowerment


JAKARTA, KalderaNews.com – IFC, anggota Kelompok Bank Dunia, mengumumkan fasilitas pinjaman senior senilai $ 77 juta kepada PT. Indosurya Inti Finance (Indosurya), sebuah perusahaan multi pembiayaan lokal. Paket pembiayaan yang diprakarsai oleh IFC bertujuan untuk memperkuat usaha kecil dan menengah negara (UKM) dalam menjalankan fungsinya sebagai mesin penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Saat lembaga keuangan memfokuskan diri pada bisnis terbesar dan terkecil, Indonesia menghadapi dilema ‘missing middle’. Sekitar 700.000 UKM di negara ini sering terbengkalai, meski menyumbang sekitar 22 persen terhadap PDB Indonesia. Selain itu, UKM dan usaha mikro mampu mempekerjakan lebih dari 89 persen angkatan kerja negara.

Komitmen pendanaan IFC yang disertai dengan asistensi teknis, adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk mendorong pembiayaan sektor swasta yang belum terlayani dan membantu mendorong investasi di sektor UKM di Indonesia. Pembiayaan ini ditargetkan akan membantu Indosurya untuk meningkatkan pinjamannya bagi UKM di seluruh pulau Jawa, Bali dan Sumatra, sambil menerapkan praktik terbaik dalam manajemen risiko.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*