3 Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Benar

3 Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Benar
Menjaga area kewanitaan memang bukanlah hal yang mudah. Apabila cara yang digunakan salah, dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan reproduksi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kebersihan area kewanitaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia. Apabila tidak dirawat dengan baik, daerah sensitif tersebut dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan reproduksi, diantaranya keputihan, iritasi dan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Bahkan, sebuah data mengungkapkan bahwa 75 persen perempuan di Indonesia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya. Data lain juga mengungkapkan bahwa sebanyak 50-60 persen perempuan di dunia pernah terinfeksi ISK, dan 80 persen dari mereka mempunyai kemungkinan untuk terpapar ISK kembali.

Kejadian ISK pada perempuan lebih banyak ditemukan daripada laki-laki, mengingat kecenderungan anatomi reproduksi perempuan yang terletak di bagian dalam.

BACA JUGA:
Hindari 11 Hal Ini Kalau Masih Ingin Lulus Tes Masuk Jurusan Favorit
Ciri-ciri Berita Hoax Menurut Dewan Pers
Shirley Puspitawati: Guru Wajib Berikan Hal-hal yang Tidak Ada di Internet

Aesthetic Gynaecologist dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG mengungkapkan bahwa semua momen dapat menjadi aspek yang mempengaruhi kesehatan pada area kewanitaan. Momen tersebut diantaranya: faktor internal seperti ketidak-seimbangan hormon, pubertas, saat menstruasi, hingga kondisi seperti kehamilan, melahirkan, bahkan menopause dan faktor eksternal karena gaya hidup yang tidak sehat, serta kebiasaan malas mengganti underwear saat tubuh berkeringat, serta faktor lingkungan karena kondisi cuaca yang panas serta lembab.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*