5 Cara Cari Kos-kosan Bagi Mahasiswa Baru




Ilustrasi: Kos-Kosan

JAKARTA, KalderaNews.comBagi kamu calon mahasiswa baru, kos-kosan amat penting. Suasana kos-kosan yang nyaman akan sangat menunjang proses perkuliahan kelak. Nah, berikut ini 5 cara cari kos-kosan bagi kalian para calon mahasiswa baru:

Survei Harga
Jika kamu berkantong tebal, tentu tidak perlu repot dengan harga kos-kosan. Tentu berbeda dengan calon mahasiswa baru yang memiliki budget terbatas.

Kamar kos-kosan berharga ekonomis jadi rebutan. Maka, langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah menyiapkan waktu khusus untuk mencari kos-kosan, terutama melakukan survei harga. Berkelilinglah mencari dan bertanya, membanding harga dan fasilitas kos-kosan yang satu dengan yang lain.

Pastikan pula metode pembayarannya, per bulan ataukah per tahun, ditransfer atau tunai, dan apakah bisa dicicil atau harus lunas saat hari pertama tinggal. Catatlah detail-detail informasi ini. Nah, jika sudah merasa cocok dengan kos-kosan, segeralah membayar uang muka sebagai tanda jadi kepada sang pemilik. Jangan lupa minta kwitansi pembayaran ya! Hal ini agar kos-kosan pilihan kamu tidak diambil calon mahasiwa baru yang lain, yang juga sedang berburu kos-kosan.

BACA JUGA:

Lokasi Strategis
Lokasi menentukan prestasi, kata orang jaman dulu. Tapi, mungkin ada benarnya. Lokasi kos-kosan yang strategis yang akan menyokong proses belajar kamu. Maka, pilihlah lokasi kos-kosan yang strategis, seperti lebih dekat dengan kampus, sehingga bisa lebih hemat waktu dan ongkos. Kos-kosan yang dekat dengan kampus juga akan sangat membantu kami dalam menjalani proses perkuliahan.

Selain itu, dalam memilih kos-kosan juga mesti mempertimbangkan jarak dengan lokasi warung makan, minimarket, apotek dan klinik kesehatan. Ini juga penting, karena kamu akan melakukan segala aktivitas secara mandiri.

Fasilitas Kos-Kosan
Inilah alasan mengapa survei langsung menjadi amat penting. Selain tahu harga dan lokasi, kamu pun akan melihat langsung fasilitas yang ada di dalam kamar kos-kosan. Ini penting lantaran, kamu akan melakukan segala akvitas di dalam kamar itu, mulai dari tidur, belajar, mandi, makan, dan yang lain. Artinya, kamu harus benar-benar nyaman dengan kamar yang akan kamu tinggali.

Perhatikan fasilitas yang ada di dalam kamar, seperti kasur tidur, meja belajar, dan lemari. Memang ada kos-kosan yang menyediakan fasilitas seperti itu, tapi ada pula yang kosongan alias tidak ada apa-apa. Jika kamu memilih kamar yang kosongan, maka kamu mesti membawa semua fasilitas sendiri. Selain itu, perhatikan pula besar atau luas kamar, ventilasi untuk pertukaran udara, kamar mandi, tempat parkir, serta yang lain.

Jangan Malu Bertanya
Ketika kamu survei, jangan sungkan bertanya hal-hal detail tentang kos-kosan, selain harga, lokasi, dan fasilitas, tanyakan pula tentang listrik, air, sampah, laundry, serta yang lain.

Jangan sampai hal-hal yang detail justru baru kamu ketahui setelah tinggal di kos-kosan tersebut, seperti biaya tambahan untuk listrik, air, atau alat-alat elektronik yang kamu bawa. Selain itu, ada pula kos-kosan yang menerapkan jam malam, artinya batas waktu untuk pulang malam. Nah, lebih baik hal ini ditanyakan di awal. Catat semua hal detail itu, agar kamu tidak lupa.

Aman dan Nyaman
Ini juga penting. Pastikan bahwa lokasi kos-kosan pilihanmu aman dan nyaman. Meski demikian, kamu tetap harus berjaga-jaga, misal dengan memakai kunci ganda di pintu kamar, serta jangan sembarangan menaruh barang-barang berharga. Pastikan jendela dan pintu terkunci jika kamu pergi, dan simpan barang-barang berharga di tempat tersembunyi.

Itulah beberapa trik sederhana berburu kos-kosan bagi kamu yang sebentar lagi menjadi mahasiswa baru. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*