7 Tips Mempersiapkan Diri Kuliah ke Negeri Seberang

Ilustrasi: Kuliah Luar Negeri

JAKARTA, KalderaNews.com –  Pilihan kuliah ke luar negeri, saat ini bukanlah hal yang sulit. Jika ada niat, pasti dapat. Ada banyak beasiswa yang bisa kamu raih agar bisa mengais ilmu di negeri seberang. Nah, bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri kuliah ke luar negeri, berikut 8 tips untuk bersiap-siap belajar ke negeri seberang:

Mulai Biasakan Mandiri
Hidup sendiri di negeri orang, tentu membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Kemandirian kuncinya. Jika tidak belajar hidup mandiri, kamu akan menghadapi aneka kesulitan di luar negeri, apalagi jauh dari orangtua dan sanak saudara. Maka, belajarlah hidup mandiri. Mulailah dari perkara-perkara yang kecil dan sederhana. Jika kamu sudah terbiasa mandiri, pastilah akan sangat membantu jika kelak kamu berada di negeri orang.

Pilih Jurusan yang Tepat
Setiap kamu pasti memiliki pilihan negara, universitas, dan jurusan impian yang hendak dituju. Sebaiknya jangan terpatok ke negara atau universitas tertentu saja. Yang paling penting adalah pilihan jurusan yang sesuai dengan diri kamu. Sementara negara dan universitas disesuaikan dengan jurusan yang telah kamu pilih. Hal ini penting agar kamu benar-benar kuliah dengan sepenuh hati. Kan sayang sekali sudah kuliah jauh tapi tidak dijalani dengan sepenuh hati.

BACA JUGA

Penuhi Kualifikasi
Setelah menentukan jurusan, universitas, dan negara, kamu mesti mencari tahu kualifikasi dan persyaratan yang mesti kamu penuhi. Biasanya universitas di tiap negara memiliki kualifikasi tertentu bagi mahasiswa dari luar negaranya, misal kemampuan akademik, penguasaan bahasa, dan yang lain. Carilah melalui laman-laman resmi universitas yang kamu tuju. Selalu siapkan rencana cadangan, agar bila kamu tidak memenuhi kualifikasi, kamu bisa langsung move on ke rencana yang lain. Jangan khawatir, saat ini pilihan untuk belajar ke negeri seberang sangatlah banyak.

Persiapkan dokumen
Jika merasa memenuhi kualifikasi, kamu mesti mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, misal ijazah, paspor, hasil tes bahasa, visa pelajar, serta yang lain. Persiapkan semua dokumen itu dengan sungguh-sungguh. Jangan cepat mengeluh jika berhadapan dengan birokrasi pengurusan dokumen tersebut yang terkadang berbelit-belit.

Cari Info Akomodasi dan Transportasi
Ini juga amat penting, agar kamu merasa nyaman dan aman selama berkuliah di negara tujuan. Informasi ini bisa didapat dengan berselancar di dunia maya atau bisa juga dengan berkorespodensi dengan teman atau kenalan yang ada di negara tujuan.

Cari Media Komunikasi
Carilah fasilitas atau aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk media komunikasi dengan keluarga dan teman-teman kamu di Indonesia. Usahakan cari yang mudah dijangkau, misal yang hanya butuh koneksi jaringan internet.

Pelajari Budaya
Sebelum berangkat ke negeri seberang, sebaiknya kamu mempelajari budaya negara tujuan, agar kamu cepat beradaptasi. Bahasa menjadi salah satu untuk mempelajari budaya. Dan dengan menguasai bahasa yang dipakai di negara tujuan, kamu bakal dimudahkan dalam banyak hal (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*