Segera Lakukan 3 Langkah Ini Bagi Yang Lulus SNMPTN 2019




Ilustrasi: Pertukaran mahasiswa internasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pertukaran mahasiswa internasional. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah diumumkan beberapa waktu. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi 85 perguruan tinggi negeri ( PTN) tahun ini sebanyak 92.331 siswa dari 478.608 siswa. Dari jumlah tersebut, 26.217 siswa berasal dari peserta Bidikmisi.

Berikut beberapa hal penting bagi siswa yang diterima dalam SNMPTN 2019:

Daftar Ulang
Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 diwajibkan hadir dalam registrasi atau daftar ulang pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN. Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan. Segala informasi tentang hal ini bisa diakses melalui laman resmi PTN.

BACA JUGA:

Verifikasi Data
Peserta yang dinyatakan diterima PTN tujuan wajib melakukan verifikasi data akademik meliputi rapor dan portofolio asli, serta menunjukkan ijazah atau Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli di PTN tujuan.

Cek Informasi
Peserta yang lulus SNMPTN wajib mengecek segala hal terkait jadwal, ketentuan, dan peraturan untuk proses daftar ulang dan verifikasi data. Semua hal tersebut bisa dicek di laman resmi PTN tujuan. Maka, cermat dan teliti segala persyaratan yang dibutuhkan, karena ini sangat berdampak pada status penerimaan sebagai calon mahasiswa baru.

Khusus Penerima Bidikmisi
Khusus bagi penerima beasiswa Bidikmis Kemenristekdikti, selain verifikasi data akademik, pihak PTN juga akan melakukan verifikasi data ekonomi. Pihak PTN akan melakukan pengecekan dan/atau kunjungan ke alamat tempat tinggal untuk memvalidasi status penerimaan sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*