Simak Cara Kelola Keuangan Mahasiswa Baru

JAKARTA, KalderaNews.com Hai, calon mahasiswa baru, pernahkah kalian membayangkan suatu hari nanti orangtuamu tak bisa membantu melunasi uang kuliah? Kira-kira, apa yang akan kalian lakukan? Nah, sebelum memasuki gerbang perkuliahan, sebaiknya kalian mulai belajar mengelola keuangan dengan baik. Berikut beberapa tips dalam mengelola keuangan bagi mahasiswa baru:

Menabung
Nampak klise, tapi ini penting. Nasihat yang kadang membosankan namun akan sangat berguna ke kemudian hari. Sisihkanlah selalu setiap kali menerima uang, baik dari orangtua, sanak saudara, atau siapapun. Besarannya tergantung kalian, bisa 10 persen atau 20 persen, yang penting menyisihkan. Pendapatan dikurangi pengeluaran, lantas sisanya ditabung. Ini cara pandang lama. Ya kalau ada sisa, jika tidak ada sisa, maka tidak menabung. Nah lho!

Menabung itu menyisihkan beberapa persen dari pendapatan, baru sisanya untuk memenuhi pengeluaran. Inilah prinsip menabung. Sekecil apapun sisihkan uang untuk ditabung. Memang ini membutuhkan kedisiplinan. Namun akan berbuah manfaat kelak.

BACA JUGA:

Tetapkan Sumber Pemasukan
Sebagai mahasiswa baru, biasanya orangtua masih memberikan dukungan pendanaan secara penuh. Meski demikian, tetap jangan lupa untuk menyisihkan dana tersebut untuk ditabung.

Tidak ada salahnya sebagai mahasiswa baru mulai mencari sumber-sumber pemasukan keuangan yang lain, selain dari orangtua. Yang terpenting tidak mengganggu proses perkuliahan. Sumber pemasukan keuangan itu bisa beragam, seperti beasiswa, membuka usaha sampingan secara online, atau bekerja freelance atau part time. Sekali lagi, yang paling penting tidak mengganggu perkuliahan.

Tentukan Jenis Pengeluaran
Buatlah daftar detail pengeluaran setiap bulan, mulai dari yang paling penting sampai ke hal yang sekunder. Membuat catatan pengeluaran akan sangat membantu kalian agar tidak boros. Mulailah membedakan antara keinginan dengan kebutuhan.

Buatlah Rencana Anggaran Keuangan
Jika kalian sudah membuat daftar pemasukan dan pengeluaran rutin bulanan, langkah berikutnya adalah menyusun rencana anggaran. Buatlah anggaran yang tidak besar pasak daripada tiang. Jika ternyata pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, mulailah berani memangkas beberapa pos pengeluaran yang tidak terlalu penting. Jangan lupa, sisihkan dana di awal untuk ditabung. Sisihkan pula dana cadangan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak, misal untuk berobat lantaran sakit atau kebutuhan mendesak lainnya.

Rencana anggaran ini akan menjadi pedoman bagi kalian untuk mengelola keuangan. Patuhi semua rencana dengan disiplin. Sebagai mahasiswa baru, kalian akan memulai fase hidup secara mandiri, maka pengelolaan keuangan menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam meniti jenjang perkuliahan. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*