Nantikan, Mataya Swarnadwipa akan Meriahkan HUT RI di Istana

Latihan Tari Semikolosal HUT RI
Latihan Tari Semikolosal HUT RI
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Sanggar Bharata Muda melatih sekira seratus penari terbaik dari SMP, SMA, dan perguruan tinggi di Jakarta. Latihan ini untuk persiapan rangkaian peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Pelatihan ini sudah dimulai sejak 2 Agustus 2019 lalu.

Tahun ini, konsep tari yang akan ditampilkan adalah Mataya Swarnadwipa. Mataya Swarnadwipa berarti tarian dari Sumatra. “Mataya Swarnadwipa merupakan untaian garapan tari sebagai ungkapan ekspresi budaya dari bumi Sumatera,” urai Teguh Ampiranto, sang sutradara yang juga staf Direktorat Kesenian, Kemendikbud.

BACA JUGA

Ia mengatakan, Mataya Swarnadwipa akan menampilkan enam koreografi dari Sumatra, yaitu Tari Umbul-umbul Sriwijaya, Tari Persembahan Gending Sriwijaya, Tari Ulos Pane, Melinting Palas Pasemah, Dol Basemah, dan Tari Selampit Delapan Muaro Jambi. “Masing-masing tarian mewakili beberapa daerah di Sumatra. Seperti Tari Gending Sriwijaya dan Tari Umbu-umbul Sriwijaya dari Palembang, Melinting Palas Pasemah dari Lampung, Dol Basemah dari Bengkulu, dan beberapa koreografi lainnya,” katanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*