6 Langkah Mudah Dapatkan Beasiswa Erasmus Plus




Awardees Beasiswa Erasmus Plus 2019
Awardees Beasiswa Erasmus Plus 2019 di acara Award Ceremony, Pre-Departure Orientation and Alumni Gathering Erasmus+ Scholarship Programme di Mandarin Oriental Jakarta Hotel, Jakarta, Minggu, 28 Juli 2019 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ratusan mahasiswa, dosen dan profesional muda Indonesia dari tahun ke tahun mendapatkan Beasiswa Erasmus Plus. Untuk tahun akademik 2019 sedikitnya 200 mahasiswa dan dosen Indonesia berhasil memperoleh beasiswa dari Uni Eropa melalui Program Erasmus+ Erasmus Plus).

Para penerima beasiswa Erasmus+ ini akan menempuh studi tingkat S-1. S-2. S-3 dan pasca doktoral di Eropa, baik untuk program gelar maupun non-gelar pertukaran. Sebagian penerima beasiswa Erasmus+ akan menempuh pendidikan di dua universitas yang terletak di negara Eropa yang berbeda.

Selain beasiswa Erasmus, Uni Eropa bekerja sama dengan ASEAN juga memberikan 500 beasiswa bagi mahasiswa ASEAN melalui Program EU Support to Higher Education in ASEAN Region (SHARE). Melalui berbagai program beasiswa, Uni Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa memberikan lebih dari 1.600 beasiswa setiap tahunnya kepada mahasiswa Indonesia untuk menempuh studi di Eropa.

BACA JUGA:

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan Beasiswa Erasmus Plus (Erasmus+), lakukan 6 langkah berikut ini:

1) Lihat program S2 atau S3 yang menawarkan Beasiswa Erasmus+ untuk tahun akademis berikutnya dengan KLIK: Beasiswa Erasmus Plus EU

2) Pilih program studi yang diminati dan klik situsnya untuk mendapatkan informasi tentang deskripsi program, persyaratannya, proses pengajuan aplikasi, formulir-formulir dan batas waktu.

3) Ajukan aplikasi langsung melalui situs Konsorsium

4) Konsorsium akan menyeleksi berdasarkan daftar riwayat hidup, prestasi studi dan akademik, motivasi.

5) Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels untuk mendapatkan persetujuan terakhir (di akhir bulan Februari). Selanjutnya, Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan mengalokasikan hibah (di akhir bulan Maret).

6) Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon diterima atau tidaknya mereka dalam EMJMD (atau EMJD) dan diberi atau tidaknya beasiswa (pemberitahuan biasanya pada bulan Mei)

Selamat berjuang mendapatkan Beasiswa Erasmus Plus. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*