Kontestan International Student Paper Contest Asal Indonesia Terancam Gagal Berkompetisi

Muhammad Nur Ali Akbar
Ilustrasi: Muhammad Nur Ali Akbar (Dok. Pribadi)

JAKARTA, KalderaNews.com –  “Yang saya hormati Pak President RI @jokowi dan Pak Gubernur Jabar @ridwankamil , Saya akan menjadi perwakilan Indonesia dan Eropa untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia di ajang student paper contest 2019 di bidang oil and gas di SPE ATCE 2019. Tetapi sy belum memiliki sponsor.”

Demikian cuitan Muhammad Nur Ali Akbar melalui akun Twitter-nya @MN_aliakbar pada Rabu, 28 Agustus 2019. Sebelumnya, di platform media sosial yang sama, Ali Akbar juga menuliskan:

@jokowi @ridwankamil Sebelumnya pada April 2019, saya bertanding di region Eropa dan hasil penelitian saya terpilih menjadi juara pertama. Bulan depan, tgl 30 Sept – 2 Okt saya akan kembali bertanding di tingkat dunia dengan hasil penelitian sebelumnya.” Cuitan ini pun disertai dengan foto sertifikat.

@jokowi @ridwankamil karena saya baru saja Lulus bulan juli 2019 lalu dr MSc Petroleum Geoengineering program di Eropa. Saya yang saat ini di Indonesia sangat sulit memperoleh sponsor untuk bertanding dikejuaraan ini yang akan dilaksanakan di Calgary Canada bulan depan.”

@jokowi @ridwankamil Untuk itu, saya mohon arahan dari bapak2 kemana saya harus mengajukan proposal saya ini sehingga saya bisa berangkat bertanding bulan depan ke Kanada. Terima kasih banyak perhatiannya. Salam #jabarjuara #IndonesiaMaju”

Ali Akbar juga membagikan link berita yang memuat prestasinya:
http://stipendium.uni-miskolc.hu/news/1986/towards_the_world_championship https://www.spe.org/students/schedule.php

Mengutip dari laman resmi Univeritas Miskolc di Hungaria, Muhammad Nur Ali Akbar merupakan salah satu talenta muda paling cerdas di dunia dalam bidang Earth Sciences and Engineering. Talenta itu, ia buktikan dengan meraih prestasi di The Annual Student Energy Congress yang berlangsung di Zagreb, Kroasia dan dalam Meeting of Young Geoscientists 2019 di Ráckeve, Hongaria.

BACA JUGA

Saat itu, Ali Akbar adalah mahasiswa S2 jurusan Petroleum Geoengineering di Miskolci Egyetem (University of Miskolc). Ia juga merupakan lulusan Institut Teknologi dan Sains Bandung jurusan Teknik Perminyakan.

Ia mengikuti Student Paper Contest (SPC). Mahasiswa dari seluruh dunia bersaing untuk meraih kesempatan mengikuti International Student Paper Contest. Para kontestan pun mendaftarkan abstrak makalah mereka dan harus mempresentasikan karya mereka selama kompetisi. Para pemenangnya melanjutkan ke kompetisi tingkat internasional.

Nah, Ali Akbar memenangkan hadiah pertama dalam Student Paper Contest dari SPE (Society of Petroleum Engineers) untuk wilayah Eropa yang diadakan di Krakow, Polandia pada 9-12 April 2019. Dia membuktikan kemampuannya yang luar biasa dengan menghasilkan paper dan presentasi terbaik di seluruh Eropa.

Kemenangan ini secara otomatis mengantarkan Ali Akbar mengikuti kejuaraan dunia SPE Student Paper Contest di Alberta, Kanada, pada 30 September- 2 Oktober 2019, di mana dia akan menjadi wakil Eropa.

So, semoga ada yang tergerak membantu Ali Akbar mewujudkan cita-citanya dan mengharumkan Indonesia di kancah internasional. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*