KSM 2019, Jadikan Madrasah Hebat Bermartabat




Simadrius, maskot Kompetisi Sains Madrasah 2019
Simadrius, maskot Kompetisi Sains Madrasah 2019

JAKARTA, KalderaNews.com – Simadrius dipilih sebagai maskot Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah atau KSM 2019. Tema KSM tahun ini adalah “Integrasi Sains dan Islam untuk Madrasah Hebat Bermartabat”. KSM tingkat nasional ini akan berlangsung 16-20 September 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

BACA JUGA

Simadrius adalah singkatan dari “Siswa Madrasah Serius”. Simadrius disimbolkan dengan Tarsius, hewan langka yang terdapat di Sulawesi Utara. Meski bertubuh mungil, namun Simadrius punya semangat, pandangan mata yang terang dan luas, memiliki bulu yang lembut dan jinak, serta ramah bersahabat.

Pada KSM 2019, maskot yang digunakan adalah Tarsius memeluk komputer layar TV LED. Ini menjadi simbol bahwa ilmu pengetahuan saat ini lebih mudah didapatkan lewat media elektronik, dan penggunaan IT memudahkan manusia dalam bekerja.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah. Pelaksanaannya akan terbagi ke dalam tiga jenjang, yakni madrasah ibtidaiyah (MI) dan sederajat, madrasah tsanawiyah (MTs) dan sederajat, serta madrasah aliyah (MA) dan sederajat. Bidang studi yang dilombakan untuk jenjang MI adalah Matematika dan IPA. Untuk jenjang MTs, akan melombakan bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Untuk tingkat MA, bidang studi yang dilombakan mencakup Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*