Mau Jadi Mahasiswa Berprestasi, Yuk Simak Kiat Berikut!




Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi
Ilustrasi: Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi

JAKARTA, KalderaNews.com – Selamat bagi kamu yang telah menyandang status sebagai mahasiswa baru! Ini adalah awal langkah baru untuk menggapai cita di masa depan. Maka, kamu mesti sungguh-sungguh menjalani dunia perkuliahan nanti. Menjadi mahasiswa berprestasi tentu menjadi langkah berikut yang mesti kamu raih. Nah, berikut kiat agar kamu bias menjadi mahasiswa berprestasi:

Komitmen pada kegiatan akademik
Nilai minimal IPK yang diperlukan bila kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi ialah 3,00. Jika di semester awal, kamu bisa meraih IPK di atas 3,00, kamu mesti mempertahankan, atau meningkatkan. Untuk itu, kamu harus memenuhi kewajiban akademik, seperti tugas, kuis, praktik lapangan, serta kegiatan di luar akademik lainnya. Komitmen pada kegiatan akademik menjadi kuncinya. Maka, kamu harus tetap fokus pada proses perkuliahan di kampus.

BACA JUGA:

Aktif berorganisasi
Tak hanya mengejar nilai akademik, seorang mahasiswa berprestasi juga perlu aktif berorganisasi. Kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler dapat menjadi poin penilaian penting. Dalam tahapan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional, prestasi dalam bidang tertentu, seperti seni atau olahraga juga menjadi penilaian.

Asah keterampilan komunikasi
Salah satu tahapan seleksi dan yang menjadi poin penting penilaian ialah penyampaian presentasi hasil karya ilmiah. Maka, kemampuan berbicara dan menyampaikan pendapat secara logis dan berdasarkan fakta juga perlu dilatih. Kesantunan berbicara serta sikap disiplin merupakan bagian dari penilaian.

Bangun relasi
Setiap kandidat mahasiswa berprestasi wajib mempersiapkan sebuah karya tulis ilmiah. Proses penulisan dan penelitian dari karya ilmiah ini membutuhkan observasi langsung ke lapangan. Maka, kamu dituntut untuk bersosialisasi, membangun relasi, dan membaur dengan masyarakat sekitar tempat penelitian.

Jangan merasa lebih unggul
Bersaing dengan ribuan mahasiswa lainnya tentu bukan hal yang mudah. Merasa tinggi hati atas pencapaian sendiri bukanlah sesuatu yang harus kamu pelihara. Teruslah belajar, berkompromi, toleransi, dan terbuka dengan berbagai perbedaan pendapat.

So, itulah beberapa kiat agar kamu bias menjadi mahasiswa berprestasi. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*