Mekanisme Perdagangan dengan Indonesia Dikenalkan di Ekuador




Forum Doing Business With Indonesia di Ekuador
Forum "Doing Business With Indonesia" di Ekuador pada 30-31 Juli 2019 (KalderaNews/KBRI Quito)

QUITO, KalderaNews.com – Forum bertajuk Doing Business With Indonesia yang dilaksanakan di dua kota utama Ekuador pada 30-31 Juli 2019 lalu memberikan sejumlah informasi teknis dan praktis terkait potensi dan mekanisme melakukan perdagangan dengan Indonesia.

Hadirnya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebagai salah satu pembicara utama dalam forum tersebut telah berhasil menjadi katalisator yang menarik minat dan antusiasme para pengusaha Ekuador untuk mengeksplorasi lebih jauh potensi produk-produk Indonesia di Ekuador.

LPEI menjelaskan bahwa sesuai dengan mandatnya, LPEI memfokuskan diri untuk mendorong ekspor Indonesia. Walau demikian, LPEI tetap membuka kemungkinan untuk membiayai impor, jika kiranya barang tersebut dibutuhkan sebagai bahan baku produk ekspor Indonesia atau dapat diolah menjadi barang subtitusi untuk produk impor lain yg lebih mahal.

BACA JUGA:

Ekuador sendiri merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ke-5 di Amerika Selatan, meski secara global tingkat perdagangan antara Indonesia dan Ekuador belum terlalu signifikan.

Indonesia-Latin America and the Caribean (Ina-LAC) Business Forum yang akan dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2019 mendatang juga diperkenalkan di forum ini mengingat ini adalah forum bisnis pertama Indonesia dengan Kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Dubes RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono sampaikan bahwa forum ini merupakan salah satu upaya Pemerintah RI dalam memfasilitasi peningkatan perdagangan antara Indonesia dan Ekuador. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*