Kemenristekdikti “Rengek” Amerika Buka Cabang Universitasnya di Indonesia




U.S. Graduate Fair 2019 di Ballroom Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta
U.S. Graduate Fair 2019 di Ballroom Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta, Sabtu, 21 September 2019 (KalderaNews/S.Wicaksono)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pameran pendidikan bertajuk U.S. Graduate Fair 2019 sukses digelar di Jakarta. Pameran ini merupakan ajang bagi para delegasi atau perwakilan universitas di Amerika Serikat untuk memperkenalkan kampus mereka ke pelajar Indonesia.

Acara ini dibuka resmi secara langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, dan Staf Ahli Kemenristekdikti, Paulina Panen di Ballroom Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta, Sabtu, 21 September 2019

Donovan menegaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu sektor yang dapat mempererat hubungan kedua negara antara Indonesia dan Amerika Serikat. Untuk itu ia berterima kasih kepada pemerintah Indonesia melalui kementrian terkait dapat terselenggaranya pameran ini.

BACA JUGA:

“Kementrian adalah mitra penting dalam memajukan pertukaran pendidikan, terlebih melalui program beasiswa fulbright kami,” tegasnya.

Ia menegaskan pameran ini merupakan salah satu simbol hubungan erat antara Indonesia-Amerika Serikat yang sudah terjalin selama 70 tahun.

Sementara itu, Staf Ahli dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia, Paulina Pane mengatakan bahwa pertukaran pelajar ini merupakan salah satu cara untuk meningkatan daya saing, sejalan dengan program pemerintah dalam lima tahun kedepan, yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Ia juga mengharapkan universitas di Amerika mentransfer ilmunya ke Indonesia karena universitas di sana termasuk yang terbaik di dunia.

“Kepada Bapak Donovan, kami berharap universitas di Amerika Serikat juga dapat membuka cabang di Indonesia, karena regulasi untuk universitas luar negeri sudah ada,” kata Ibu Paulina Pannen.

Duta Besar AS, Joseph R Donovan dan Staf Ahli Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Paulina Pannen, membuka U.S Graduate Fair 2019 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Sabtu, 21 September 2019
Duta Besar AS, Joseph R Donovan dan Staf Ahli Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Paulina Pannen, membuka U.S Graduate Fair 2019 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Sabtu, 21 September 2019 (KalderaNews/S.Wicaksono)

Sejalan dengan itu, Ibu Rutmini, selaku Division Head of Recruitment and Selection dari LPDP mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan top 5 pilihan dari pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studi.

Ia mengakui ada peningkatan peminatan pelajar Indonesia memilih Amerika Serikat dilihat dari salah satu program LPDP yang memberikan pilihan dari tiga negara besar yaitu Amerika Serikat, Jepang, dan Austrlia dengan 80% memilih Amerika Serikat sebagai tujuan studi.

Dalam acara ini terdapat 18 Universitas Amerika Serikat dan lembaga pendidikan lain seperti LPDP dengan beasiswanya, AMINEF dengan beasiswa program fulbright, dan institusi penyedia tes Toefl dan IELTS, seperti Edupac Kaplan Indonesia. (SW)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*