Fatamorgana Beasiswa: Kenali Minatmu Sebelum Hadiri Pameran Pendidikan




Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari
Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini (Selasa, 29 Oktober 2019) pameran pendidikan Belanda terbesar di Indonesia Dutch Placement Day (DPD) kembali hadir di Four Points by Sheraton Surabaya, Jl. Embong Malang No.25-31.

Selanjutnya, Dutch Placement Day (DPD) di Jakarta akan dihelat pada Jum’at, 1 November 2019 bertempat di Erasmus Huis Jl. H. R. Rasuna Said Kav. S-3.

Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari menegaskan pendidikan tinggi di negara Belanda kini lebih mengedepankan pemikiran kritis mahasiswa dari Indonesia. Oleh sebab itu, diharapan mahasiswa dari Indonesia tidak terbuai dengan fasilitas beasiswa.

BACA JUGA:

“Yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia itu bukan info beasiswa, tapi apa yang akan membuat mereka sadar dulu akan minatnya. Karena itu, yang kita harapkan adalah orang yang udah tahu minatnya agar bisa melangkah lebih jauh,” tandasnya saat berbicara pada KalderaNews.

“Info beasiswa hanya pemanis saja dan akan sangat berguna buat mereka yang udah tahu minatnya apa. Kalau yang minatnya saja belum tahu terus ngarep dapet beasiswa, lupakanlah,” imbuhnya.

Ia mengaku prihatin karena kebanyakan pengunjung pameran di Indonesia selama ini mengharapkan “fatamorgana beasiswa”.

Kebanyakan pengunjung mengejar info beasiswa, bukan info bidang studi yang ditawarkan. Buat mereka ini, beasiswa tujuan utama.

“Mereka lupa bahwa pemilihan sekolah itu harus disesuaikan dengan passion atau minat dan tentunya kemampuan serta peluang ke depannya. Fenomena di sini unik, karena info beasiswa dijadikan pemicu,” akunya.

“Bahkan mereka tak segan mengubah minat demi mendapatkan beasiswa.”

Pengunjung Dutch Placement Day (DPD) 2016
Pengunjung Dutch Placement Day (DPD) 2016 (KalderaNews/JS de Britto)

Apa hasilnya? Tragisnya, orang-orang yang pulang dari sekolah bergengsi dibiayai dengan beasiswa tidak menggeluti bidang yang dipelajarinya.

Nah, bagi yang akan hadir di Surabaya maupun Jakarta, sudahkah mengenali betul minatmu?

Diketahui, Dutch Placement Day (DPD) akan semarak dengan sederet kegiatan mulai dari one on one session, pameran pendidikan, presentasi beasiswa, presentasi universitas, simulasi test IELTS dan seminar how to write motivation statement. Informasi lengkap, KLIK: Dutch Placement Day (DPD) 2019.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*