Pentas PAI Nasional 2019, Lewat Lomba Tanamkan Ajaran Islam yang Moderat

Konferensi Pers Pentas PAI
Konferensi Pers Pentas PAI (Dok.Kemenag)

JAKARTA, Kalderanews.com – Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Nasional IX tahun 2019 segera digelar pada 9-14 Oktober 2019. Pentas PAI diadakan Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Tahun ini, Pentas PAI akan diselenggarakan di Asrama Haji Debarkasi Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:

Direktur Pendidikan Agama Islam, Rahmat Mulyana mengatakan, perhelatan ini diikuti hampir 1.054 siswa, mulai dari jenjang SD hingga SMU/SMK. Tema yang diangkat “Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat”. Pentas PAI ini akan mempertandingakan 10 cabang lomba, yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pidato, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat, Kaligrafi, Nasyid, Debat PAI, Kreasi Busana, Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja.

Melalui Pentas PAI, lanjut Rahmat Mulyana, diharapkan mampu menciptakan tradisi kegiatan keagamaan peserta didik yang relevan dan kontekstual. Peserta yang mayoritas pengurus organisasi Rohis (Rohani Islam) di sekolah tentu mendapatkan pengalaman cara ber-Islam yang moderat.

Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menginternalisasi nilai-nilai ajaran Islam sehari-hari dalam bentuk lomba. “Ide-ide pluralisme akan masuk dalam tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, dan cerdas cermat,” ujar Rahmat. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*