Ir. Antono Yuwono: Seperti ini Sekolah Impian bagi Kebanyakan Orangtua

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono
Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah seperti apa yang didambakan banyak orangtua saat ini? Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono menegaskan sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter lah yang banyak diimpikan orangtua. Statement tersebut disampaikannya pada KalderaNews baru-baru ini di Jakarta.

Ia berpendapat pendidikan karakter sebenarnya ruh dari pendidikan itu sendiri. Di era revolusi industri 4.0 yang mendorong terjadinya disrupsi dalam dunia pendidikan, karakter kembali menempati posisi sentral dalam proses belajar-mengajar di sekolah.

Karakter yang kerap didefinisikan sebagai “melakukan hal yang benar, ketika tidak ada orang yang melihat (Lickona dkk: 2007) menjadi acuan hasil dalam pendidikan anak di sekolah. Untuk apa memiliki prestasi akademik yang brilian, tetapi karakter pribadinya buruk?

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, sudah selayaknya penguatan budi pekerti dan nilai-nilai moral ditanamkan sejak dini melalui dunia pendidikan. Penguatan pendidikan karakter (PPK) adalah fondasi dan ruh utama pendidikan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*