Apa Itu Hujan Meteor Quadrantid?

Hujan Meteor Quadrantid 2020
Ilustrasi Hujan Meteor Quadrantid
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada Januari ini terjadi peristiwa hujan meteor yang dinamakan hujan meteor Quadrantid, di mana fenomena ini berlangsung sejak 12 Desember 2019 lalu dan berakhir pada tanggal 12 Januari 2020, dengan puncaknya yang berlangsung pada 4 Januari 2020.

Dikutip dari laman resmi Lapan, radiant hujan meteor ini berada di konstelasi Bootes dan dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya hujan meteor ini akan tampak sekitar dini hari (setelah pukul 02:46 WIB) setelah rasi Bootes ini terbit di ufuk timur dan tampak terus sampai Matahari terbit sekitar pukul 05:21 WIB.

Dalam keadaan ideal (malam tak berawan dan gelap sepenuhnya), hujan meteor ini akan menampilkan sekitar 120 meteor setiap jamnya. Akan tetapi, ini kecil sekali kemungkinannya untuk dicapai di Indonesia bagian barat karena bulan Januari adalah bulan musim penghujan sehingga langit yang cerah di malam hari sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Masalah lain adalah bahwa radiant hujan meteor ini berada pada ketinggian 22 derajat dari horison, sehingga cahaya kota bisa mengaburkan cahaya lintasan meteor.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*