Mengunjungi Museum Fashion for Good di Belanda

Belajar tentang Sustainable Fashion

Museum Fashion for Good: Isi museum itu menggambarkan sejarah mode yang berkelanjutan, pameran mode masa kini dan yang akan menjadi tren di masa depan
Museum Fashion for Good: Isi museum itu menggambarkan sejarah mode yang berkelanjutan, pameran mode masa kini dan yang akan menjadi tren di masa depan (KalderaNews/Dwiardi Vergiawan)
Sharing for Empowerment

Oleh: Dwiardi Vergiawan *

“Kalau Anda sedang pelesir ke Belanda, mampirlah ke Fashion for Good. Museum pertama di dunia yang didedikasikan untuk inovasi sustainable fashion.”

AMSTERDAM, KalderaNews.com – MUSEUM ini berada di area Rokin, pusat kota Amsterdam. Saya mengunjungi museum tersebut pada 20 September lalu dan mendengarkan paparan dari perwakilan tim manajemen, Brittany Burns, dalam rangkaian field trip Program MBA di TIAS School for Business and Society.

Fashion for Good adalah wadah bagi penggiat dan penikmat sustainable fashion yang didirikan C&A (perusahaan ritel fashion yang lahir di Belanda) dan partner-partnernya yang berkomitmen menciptakan gerakan good fashion for all.

Isi museum itu menggambarkan sejarah mode yang berkelanjutan, pameran mode masa kini dan yang akan menjadi tren di masa depan. Sustainable fashion dimaknai secara holistik dari pemilihan bahan baku yang dapat diperbarui dan pewarnaan kain dengan menggunakan material alami.

BACA JUGA:

Selanjutnya, proses manufaktur dilakukan pekerja yang dibayar dengan upah layak dan tanpa limbah yang bisa mencemari lingkungan. Terakhir, konsumen diedukasi supaya dengan sadar menjual kembali pakaian bekas kepada produsen untuk kemudian didaur ulang menjadi bahan baku produk baru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*