4 Fakta Wuhan, Kota Tepi Yangtze, Kota Industri, Jantung Wabah Korona

Pemandangan Kota Wuhan, Tiongkok. (Ist.)
Pemandangan Kota Wuhan, Tiongkok. (Ist.)

JAKARTA , KalderaNews.com –  Wuhan adalah ibukota Provinsi Hubei, Tiongkok. Ia terletak di tepi utara Sungai Yangtze dan merupakan tempat kelahiran industri baja China.

Wuhan merupakan salah satu pusat industri terbesar di Tiongkok. Sekira 11 juta orang, hidup di kota yang kini terkunci oleh wabah virus korona.

BACA JUGA:

Nah, berikut beberapa fakta tentang Wuhan, yang kini menjadi perhatian dunia:

Kota Sejarah
Wuhan boleh dikatakan salah satu kota tua di Tiongkok. Lebih dari 3500 tahun lalu, sudah ada pemukiman dan aktivitas di sini. Pada era 1800-an, Wuhan di bawah kendali Inggris. Sementara pada Perang Dunia II, Wuhan dikuasai Jepang.

Wuhan juga menjadi tempat pemberontakan Wuchang pada 1911, yang akhirnya membawa kejatuhan Dinasti Qing dan pendirian Republik Tiongkok. Pemerintah itu kemudian dikalahkan pasukan komunis pada 1949, yang menjadi cikal bakal pendirian Republik Rakyat Tiongkok.

Sungai Yangtse di Wuhan. (Ist.)

Kota Industri
Wuhan merupakan tempat kelahiran industri baja China, lantaran terdapat tambang biji besi dan batubara. Wuhan juga pusat manufaktur utama, seperti tekstil, mesin, truk dan produk konsumen lainnya.

Karena lokasinya yang sentral, ini adalah titik distribusi utama di Cina tengah, baik dengan transportasi sungai, kereta api, jalan, dan lainnya. Sekitar 300 perusahaan besar dunia telah berinvestasi di kota ini, seperti Walmart, Honda, Nissan, dan PSA Citroen Peugeot.

Menara Yellow Crane di Wuhan. (ist.)

Kota Indah
Wuhan yang terletak di sepanjang Sungai Yangtze memiliki tanggul raksasa untuk melindungi dari banjir. Salah satu landmark paling terkenal adalah Danau Timur yang indah.

Menara Yellow Crane dengan lima lantai kuno juga menjadi destinasi wisata yang terkenal dan menyimpan sejarah Kota Wuhan. Pada 2021, Wuhan digadang-gadang menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia FIFA. Selain itu, Wuhan juga memiliki agenda rutin tahunan yakni kompetisi renang di Sungai Yangtze untuk mengenang peristiwa tahun 1966, di mana pemimpin revolusioner Mao Zedong pernah berenang di Yangtze.

Kota Kuliner
Wuhan juga menjadi tempat rujukan untuk berwisata kuliner. Kuliner yang paling terkenal adalah kaki katak pedas, lobster air tawar, leher bebek pedas, serta aneka camilan khas Tiongkok. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*