Banjir di Jakarta, Ini Penjelasan BMKG: Hindari Pohon Tinggi dan Jalan Licin

Ilustrasi: Banjir di Jakarta. (Ist.)
Ilustrasi: Banjir di Jakarta. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com  Awal 2020 ini dibuka dengan bencana banjir di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberi peringatan cuaca ekstrem saat Natal dan Tahun Baru, terutama di wilayah Jakarta. “Terbukti, pada malam tahun baru hujan cukup merata dan tempo relatif lama terjadi di sekitar wilayah Jabodetabek,” kata Adi Ripaldi, Kasubid Analisis Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BACA JUGA:

Adi Ripaldi menambahkan, yang perlu diwaspadai adalah curah hujan harian atau waktu-waktu tertentu dengan intensitas tinggi atau lebat. Banjir yang melanda Jakarta tidak hanya dipengaruhi curah hujan di wilayah Jakarta saja, tapi juga dipengaruhi curah hujan di sekitar Jakarta. “Banjir bisa terjadi karena kiriman dari hulu atau karena luapan air sungai,” ujarnya. Selain faktor hujan, infrastruktur wilayah, topografi, drainase juga sangat berpengaruh.

Menurut Adi Ripaldi, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem pada musim penghujan ini, warga diminta untuk terus waspada.

Berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai:

Banjir
Jika rumah atau lingkungan kamu telah terdampak banjir, segera meminta bantuan. Segera mengevakuasi diri dan keluarga ke tempat yang tak terdampak banjir. Jangan bertahan di dalam rumah, karena curah hujan yang masih relatif tinggi, bisa mengakibatkan banjir susulan. Biasanya jika banjir terjadi, listrik juga akan dipadamkan demi keselamatan warga. Maka, segera cari informasi bantuan yang terdekat.

Pohon tua dan tinggi
Hujan bisa disertai dengan petir, angin kencang, bahkan angin puting beliung. Maka, jika terjadi hal tersebut, warga harus menghindari berteduh di bawah pohon yang tinggi, apalagi yang sudah tua. Pohon-pohon tersebut bisa sewaktu-waktu roboh akibat tiupan angin kencang. Oleh karena itu, jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang, sebaiknya berteduh di dalam rumah atau bangunan yang kokoh.

Hindari jalan licin
Jika kamu hendak bepergian keluar rumah, berhati-hatilah, lantaran jalanan pasti licin, akibat genangan air dan lumpur. Pastikan pula kendaraan yang kamu gunakan aman. Jika memungkinkan, gunakan transportasi massal. Selain itu, persiapkan pula beberapa hal seperti, jas hujan, payung, pakaian cadangan, dan makanan kering serta minum. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*