Beasiswa Heinrich Böll Foundation untuk S2 dan S3 di Jerman Tutup 1 Maret 2020

Para Penerima Beasiswa Heinrich Böll Foundation
Para Penerima Beasiswa Heinrich Böll Foundation (KalderaNews/Boell.de)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa Heinrich Böll Foundation 2020 kembali dibuka untuk mahasiswa dan profesional muda yang peduli dengan isu demokrasi, lingkungan, solidaritas kemanusiaan, dan sejumlah isu penting terkait dengan hukum, ekonomi, dan sains.

Beasiswa Heinrich Böll ini sebetulnya disediakan mulai dari jenjang S1, S2, dan S3, namun untuk pelamar dari luar Jerman, seperti dari Indonesia, program ini hanya dibuka untuk studi S2 dan S3. Tidak tanggung-tanggung, beasiswa ini setiap tahunnya memberikan beasiswa dengan jumlah total rata-rata 1200 beasiswa.

Beasiswa ini mencakup bantuan keuangan sebesar € 850 (± Rp 12,8juta) setiap bulan serta sejumlah tunjangan pribadi bagi penerima beasiswa S2. Sementara bagi penerima beasiswa S3 akan diberikan dalam bentuk tunjangan bulanan sebesar € 1200 (± Rp 18,1juta) ditambah € 100 per bulan untuk tunjangan bepergian dan sejumlah tunjangan pribadi lainnya.

BACA JUGA:

Karena beasiswa dari Heinrich Böll Foundation ini tidak meliputi biaya perkuliahan di universitas penerima beasiswa harua mencari sumber pendanaan lain atau membiayai secara mandiri untuk uang perkuliahan di Jerman.

Beasiswa ini sendirir dibuka untuk semua jurusan/bidang studi di Perguruan Tinggi (termasuk universitas ilmu terapan dan universitas seni) yang ada di Jerman.

Persyaratan yang wjib dipenuhi untuk Program Master:

  • Pelamar telah menyelesaikan gelar sarjana
  • Memiliki pemahaman bahasa Jerman yang baik (TestDaf level B2 atau Level DSH 2).

Sementara untuk Program Doktor:

  • Sebelum mendaftar beasiswa, pelamar harus sudah mendaftar sebagai mahasiswa dan diterima pada institusi perguruan tinggi Jerman yang diakui.
  • Memiliki pemahaman bahasa Jerman yang baik (TestDaf level B2 atau Level DSH 2).
  • Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang memiliki proyek disertasi terkait dengan bidang kegiatan yang dilaksanakan oleh Heinrich Böll Foundation.

Adapun dokumen-dokumen yang wajib disiapkan untuk melamar beasiswa ini:

  • Formulir Pendaftaran (Application Form)
  • Salinan resmi ijazah pada jenjang pendidikan sebelumnya
  • Salinan resmi transkrip nilai beserta penjelasan sistem penilaian
  • Bukti penerimaan di universitas (LoA) (khusus pelamar Program S2, dapat diserahkan menyusul paling lambat sebelum keputusan pendanaan disetujui)
  • Bukti kemampuan berbahasa Jerman dengan ketentuan: Level DSH 2 / TestDaf level B2
  • Bagi pelamar yang mengambil Program Master jurusan Media dapat menyertakan contoh hasil karya sebelumnya (contoh: bukti karya tulis di majalah sekolah, bukti publikasi/penyiaran di radio, dll)
  • Surat Referensi dari perwakilan institusi/organisasi mengenai komitmen sosial pelamar (panjang 1-2 halaman). Surat referensi harus menjelaskan informasi adescription of your social commitment, especially in areas in which you have actively assumed responsibility. The reference should state exactly what you have done or achieved to date, assessing in particular aspects of your commitment that are not sufficiently apparent from your CV or your statement of motivation, a personal assessment of your specific concerns and which particular causes you support, an assessment of your ability to reflect on political affairs and an appraisal of your personality dan the context in which the referee made your acquaintance and how long he or she has known you.
  • Untuk pelamar program S2, melampirkan Surat Referensi dari dosen/universitas dengan panjang 1-2 halaman, berisi detail program studi yang akan diambil pelamar di Jerman nantinya serta prestasi/nilai akademis sebelumnya
  • Untuk pelamar program S3, melampirkan 2 (Dua) Surat Referensi dari profesor/asisten profesor dimana salah satunya merupakan pembimbing utama disertasi PhD pelamar.
  • Detail proyek riset dengan panjang maksimal 10 halaman, berisi a detailed outline of your research project, including the research topic, current status of research, theoretical background, methodological approach and a research plan, academic and social relevance, including a bibliography of works cited: up to 8 pages, overview of the structure of your exposé: 1 page dan a preliminary research plan and timetable for, at most, 24 months, including a detailed description of the preliminary work you have undertaken to date: 1 page.

Apabila berkas dokumen masih menggunakan bahasa Indonesia wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman atau bahasa Inggris dengan jasa penerjemah tersumpah. Formulir pendaftaran dan format surat referensi dapat diunduh di sini.

Batas waktu pendaftaran online Beasiswa Heinrich Böll Foundation 1 Maret 2020 dengan KLIK: Daftar Beasiswa Heinrich Böll Foundation 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*