Kuliner Ekstrem Ini Wajib Kamu Icipi Saat Berkunjung ke Mentawai

Sharing for Empowerment

3. Subbet

Subbet, olahan keladi, pisang, dan kelapa. (KalderaNews/Ist)
Subbet, olahan keladi, pisang, dan kelapa. (KalderaNews/Ist)

Subbet merupakan makanan yang diolah dari keladi yang sering disebut “Gete” dan pisang. Rasanya gurih dan sering digunakan sebagai makanan pokok yang dimakan bersama lauk ikan.

Cara memasaknya ialah dengan memanggang atau merebus keladi dan pisang dalam batang bambu. Setelah matang, bahan tersebut dihancurkan dan dicampur dengan parutan kelapa. Lalu Subbet dibuat bulat-bulat dan dilumuri dengan parutan kelapa lagi.

4. Siobuk

Siobbuk, sagu yang dimasak dalam batang bambu dan dibakar. (KalderaNews/Ist)
Siobuk, sagu yang dimasak dalam batang bambu dan dibakar. (KalderaNews/Ist)

Siobuk terbuat dari gumpalan sagu yang diparut menggunakan bilah-bilah bambu hingga menjadi lembut. Sagu tersebut lalu dimasukkan ke dalam batang bambu yang berukuran kecil dan dibakar di atas api selama 10 menit.

Siobuk yang telah matang harus segera dimakan panas-panas bersama lauk berkuah seperti sup ikan atau ayam. Karena Obuk yang dingin akan menjadi keras dan mengurangi kelezatannya.

5. Kapurut

Kapurut, olahan sagu basah dan kelapa. (KalderaNews/Ist)
Kapurut, olahan sagu basah dan kelapa. (KalderaNews/Ist)

Sama seperti Siobuk, Kapurut juga merupakan olahan dari tepung sagu basah. Bedanya, Kapurut dibuat dengan campuran parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun sagu. Olahan tersebut lalu dibakar di atas perapian.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*