Deadline April, Juli dan Agustus 2020, Beasiswa S2 Dalam Negeri Kominfo Terbuka untuk PNS dan Masyarakat Umum




Beasiswa Paragon atau Paragon Scholarship
Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang SDM) Kementerian Kominfo kembali membuka Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Kominfo. Beasiswa ini terbuka untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat umum.

Pelaksanaan program ini bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi/universitas negeri terkemuka di beberapa daerah di Indonesia. Adapun persyaratan umumnya masa kerja minimum 2 tahun (terhitung sejak menjadi CPNS bagi pendaftar dari PNS), belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dari lembaga lain, persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih dan pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas regular.

BACA JUGA:

Persyaratan khusus untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS):

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah, TNI/POLRI berstatus aktif
  2. Berusia maksimum 37 tahun pada saat mendaftarkan diri
  3. Bagi PNS di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), berusia maksimum 42 tahun pada saat mendaftarkan diri. Daftar daerah 3T mengacu pada Surat Direktorat Kawasan Khusus dan Daerah Tertinggal, Kementerian Perencanaan. Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) no. 2421/Dt.7.2/04/2015 tanggal 21 April 2015
  4. Mendapatkan izin dan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan
  5. Persyaratan standar IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan minimal 2,90 untuk bidang informatika
  6. Tidak ditujukan bagi PNS dengan jabatan fungsional pengajar pada instansi sektor pendidikan
  7. Persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi adalah tugas dan fungsinya terkait dengan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah dan persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa Informatika, adalah tugas dan fungsinya terkait dengan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi di instansi yang bersangkutan.

Persyaratan khusus untuk masyarakat umum:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksimum pelamar 29 tahun pada saat mendaftarkan diri
  3. Latar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pelaku startup lokal
  4. Tidak ditujukan bagi peserta dari instansi sektor pendidikan
  5. Mendapatkan izin dari pimpinan yang berwenang untuk menjalani pendidikan
  6. Menyertakan surat keterangan anjuran atau surat rekomendasi dari pimpinan, dosen atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas
  7. Persyaratan standar IPK minimal 3,00
  8. Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih, hanya tersedia untuk Program Ilmu Komunikasi/Media dan Komunikasi dan Program Magister Teknologi Informasi.

Prioritas bidang studi dalam program beasiswa ini adalah:

(I). Beasiswa S2 Informatika

  1. Program Studi Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintahan (MTI e-Government)
    Program Beasiswa untuk bidang studi ini diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan SDM yang unggul dalam pengembangan e-Government dan tata kelola TIK baik di lingkungan instansi pemerintah pusat, daerah maupun instansi swasta. Sasaran program ini adalah tersedianya SDM pengelola eGovernment dan manajemen TIK yang handal di lingkungan instansi pemerintah pusat, daerah dan instansi swasta. Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kominfo ini bekerjasama dengan Program Studi di 4 (empat) Perguruan Tinggi, yakni Program Magister bidang minat khusus e-Government Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM), Program Magister S2 Teknik Elektro Opsi Layanan Teknologi Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI – ITB), Program Pascasarjana S2 Bidang Keahlian Telematika Pengelola TIK Pemerintahan Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Program Studi MTI e-Government, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI).
  2. Program Studi Keamanan Informasi
    Program Beasiswa untuk bidang studi ini diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan SDM unggul dalam menjamin keamanan informasi dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik atau Transaksi Elektronik di lingkungan pemerintah pusat dan daerah. Sasaran program adalah tersedianya SDM Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik yang dapat menjaga keamanan informasi di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah. Program ini bekerjasama dengan Program Magister S2 Teknik Elektro Opsi Rekayasa dan Manajemen Keamanan Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI – ITB) dan Program kelas khusus Magister Manajemen Keamanan Jaringan Informasi Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI).

(II). Beasiswa S2 Komunikasi
Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan SDM aparatur pemerintah yang unggul untuk mendukung pengembangan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah serta peningkatan peran Government Public Relations (GPR) serta mewujudkan SDM yang unggul di bidang kehumasan (Public Relationss) di instansi swasta. Sasaran Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi adalah tersedianya SDM pengelola pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah dan GPR di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah serta tersedianya humas (PR) yang unggul di instansi swasta. Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan 7 (tujuh) Perguruan Tinggi, yaitu: Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Univerisitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Universitas Andalas (Unand) di Padang, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar

Pendaftaran jalur program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo dapat diikuti dengan alur sebagai berikut:

  1. Calon peserta beasiswa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi (PT) mitra yang diminati;
  2. Peserta yang telah lulus seleksi masuk PT selanjutnya menghubungi panitia pengelola beasiswa di masing-masing PT untuk pendaftaran jalur Progam Beasiswa Kementerian Kominfo
  3. Menyerahkan kelengkapan dokumen persyaratan kepada panitia pengelola beasiswa di masing-masing PT pada saat pendaftaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kemenkominfo: SK CPNS, SK PNS, SK Terbaru, Ijazah & Transkrip Nilai S1, Surat izin /rekomendasi dari pimpinan (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II bagi PNS dan pimpinan yang berwenang bagi pendaftar dari masyarakat umum) untuk melanjutkan pendidikan tingkat pascasarjana, khusus pendaftar dari PNS, Surat Pernyataan dari pimpinan (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II dan ditandatangani di atas materai 6000) yang menyatakan bahwa calon penerima beasiswa akan ditempatkan pada bidang pekerjaan yang berkaitan dengan bidang studi yang telah dijalani sekembalinya ke instansi asal apabila dinyatakan sebagai penerima beasiswa, pemenuhan persyaratan relevansi tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih, bagi PNS dibuktikan dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Jabatan (SPMJ) /Surat Keputusan/Surat Tugas yang menyatakan yang bersangkutan tugas dan fungsinya pada Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi/ Pengelolaan TIK/Keamanan Informasi, dan Surat Keputusan Jabatan Struktural bagi yang sudah menjabat atau Surat Penempatan dari unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas di bidang terkait di atas materai 6000. Bagi Masyarakat Umum, dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari pimpinan yang berwenang, Surat keterangan lulus penerimaan mahasiswa baru dari Perguruan Tinggi pilihan.
  4. Kementerian Kominfo akan melakukan verifikasi dan kelengkapan dokumen pendaftaran. Kementerian Kominfo akan melakukan seleksi tahap akhir dan selanjutnya pengumuman Penerima Beasiswa Kementerian Kominfo TA 2020 akan disampaikan secara resmi melalui situs masingmasing Perguruan Tinggi.

Berikut ini jadwal pendaftarannya:

  • UI: 3 Feb – 6 Maret 2020 dan 2 Juni – 1 Juli 2020
  • UGM: April – Juli 2020
  • UNAND: 5 Feb – 26 Apr 2020 dan 14 Mei – 5 Juli 2020
  • USU: Maret – Juli 2020 dan Juli – Agustus 2020
  • UNS: Maret – April 2020
  • UNAIR: Januari – Maret 2020 dan Maret – Mei 2020
  • UNHAS: 1 Maret – 30 Mei 2020
  • ITB: 5 Februari – 5 April 2020 dan 13 April – 2 Juni 2020
  • ITS: 6 April – 24 April 2020 dan 15 Juni – 10 Juli 2020

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*