Mulai Rabu, 18 Maret 2020, UI Stop KBM Tatap Muka Guna Cegah Penyebaran Corona




Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)
Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Melalui Surat Edaran Nomor: SE-703/UN2.R/OTL.09/2020 Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia yang diterbitkan pada Jumat, 13 Maret 2020, Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro memutuskan untuk mengubah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mulai Rabu, 18 Maret 2020 mendatang hingga semester genap tahun ajaran 2019/2020 berakhir terkait antisipasi virus corona.

Melalui surat edaran ini rektorat secara tegas meminta Pimpinan Fakultas dan Program Studi memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ.

BACA JUGA:

Sementara itu terkait kegiatan praktikum, pihak UI tetap menyelenggarakan KBM dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi Covid-19.

Rektorat juga mengimbau untuk menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan KBM dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat, seperti Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Belajar Lapangan atau menggantinya dengan metode pembelajaran lain.

Secara konkret, selama masa pandemi infeksi Covid-19, pimpinan UI sangat menganjurkan dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan UI untuk tidak datang ke Kampus UI apabila mengalami sakit atau kondisi badan sedang tidak bugar.

Langkah-langkah konkret ini dimaksudkan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan segenap warganya serta sebagai partisipasi UI dalam upaya pengendalian penyebaran infeksi Covid-19.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*