50 Universitas Paling Banyak Menghasilkan Pemenang Nobel (2)

Peringkat 49: Duke University, Durham, North Carolina, AS

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Duke University (medschool.duke.edu)

Jakarta, KalderaNews.com – Universitas yang terletak di Durham, AS ini dikenal sebagai salah satu universitas terkaya. Ia juga semakin populer berkat Melinda Gates, istri Bill Gates, pendiri Gates Foundation, adalah alumni kampus ini.

Berbagai pemeringkatan universitas global menempatkannya ke dalam 20 universitas teratas dunia dan 10 teratas universitas di AS. The Wall Street Journal menyejajarkan Duke University dengan universitas top AS lainnya, seperti Harvard dan Yale.
BACA JUGA:

Setidaknya 12 pemenang Nobel berafiliasi dengan universitas ini. Termasuk fisikawan terkenal Charles H. Townes, yang menerima anugerah Nobel pada tahun 1964, fisikawan Robert C. Richardson, yang memenangi Nobel pada tahun 1996, juga ekonom Joseph E. Stiglitz, yang memenangkan hadiah Nobel pada tahun 2001. Selain itu ada Peter Agre yang memenangkan hadiah Nobel untuk bidang kedokteran pada tahun 2003 serta penulis drama dan penyair Nigeria Wole Soykina, yang meraih Nobel untuk kesusasteraan pada tahun 1986.

Duke University didirikan pada tahun 1838, ketika dikenal sebagai Brown’s Schoolhouse. Namanya sempat mengalami empat kali pergantian sebelum nama yang sekarang: Brown School (1838–1841); Union Institute (1841–1851); Normal College (1851–1859); Trinity College (1859–1924).

Ia berganti nama menjadi Duke untuk menghormati Washington Duke, yakni ayah dari industrialis tembakau dan tenaga listrik AS, James Buchanan Duke, yang mendirikan The Duke Endowment, salah satu lembaga donatur terbesar universitas ini.

Salah satu keistimewaan universitas ini adalah kampusnya yang asri dan terletak di pinggir kota. Mahasiswa di tahun pertama wajib tinggal bersama-sama di perumahan yang disediakan di East Campus. Universitas ini juga dikenal dengan keberagaman latar belakang mahasiswanya.

Di antara alumninya yang terkenal selain Melinda Gates, adalah pemain NBA Carlos Boozer dan mantan anggota Kongres AS dan tiga kali calon presiden, Ron Paul. (SM)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*