Cuci Tangan Lebih Mudah dengan Alat Otomatis Besutan Mahasiswa Telkom University




Mahasiswa Telkom University menyerahkan bantuan alat cuci tangan otomatis. (kalderanews.com/Dok.Telkom University)
Mahasiswa Telkom University menyerahkan bantuan alat cuci tangan otomatis. (kalderanews.com/Dok.Telkom University)

BANDUNG, KalderaNews.com — Beragam inovasi dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19. Salah satunya dibuat para mahasiswa Teknik Elektro Telkom University. Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) bersama Ikatan Alumni Elektro (iAe) membuat sebuah alat cuci tangan otomatis dengan bantuan mikrokontroller bernama Automatic Hand Washing Machine.

BACA JUGA:

Alat ini memiliki sensor yang digunakan untuk membaca jika ada tangan pengguna. Ketika sensor membaca adanya gerakan tangan pengguna, maka mikrokontroller akan mengaktifkan pompa untuk mengalirkan air. Sama juga dengan sensor yang digunakan untuk mendeteksi tangan ketika pengguna ingin menggunakan sabun. Air yang dikeluarkan dapat dialirkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sedangkan sabun yang digunakan dalam alat tersebut akan keluar ketika tangan pengguna terdeteksi oleh sensor.

Ketua KMTE, Denny Rinaldi Wicaksana mengatakan bahwa alat ini telah diserahkan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang merupakan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19. Selain itu, alat ini juga dibagikan ke Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Bojongsoang. Dua Puskesmas ini terletak tak jauh dari kampus Telkom University.

“Harapannya, KMTE dapat melangkah maju agar terus bisa melakukan suatu gebrakan yang postif dan memiliki dampak yang baik bagi banyak pihak. Jangan pernah lelah untuk melakukan kebaikan, mari bersama-sama kita mencegah serta memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” ucap Denny. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*