Keren Nih, Peneliti Indonesia Raih Green Oscar 2020

Yokyok Hadiprakarsa. (Dok. Rangkong Indonesia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Seorang peneliti Rangkong Gading, Yokyok Hadiprakarsa atau yang akrab disapa Yoki, menjadi salah satu dari enam pemenang Whitley Award 2020 atau yang dikenal sebagai Green Oscar. Yoki terpilih atas program Saving The Last Stronghold of The Helmeted Hornbill atau Penjaga Rangkong Gading.

BACA JUGA:

Program tersebut dijalankan Rangkong Indonesia, unit penelitian dan konservasi terestrial dari Rekam Nusantara Foundation yang fokus meneliti dan konservasi burung rangkong di Indonesia.

Tahun ini, seremoni Whitley Award 2020 harus ditunda akibat pandemi Covid-19. Tapi pengumuman pemenang dilakukan secara daring. Para pemenang juga tetap menerima dana hibah penelitian senilai 40 ribu poundsterling atau setara Rp 752,5 juta. Dana tersebut, menurut Yoki, akan digunakan untuk melanjutkan konservasi spesies rangkong gading melalui Rangkong Indonesia.

Yoki telah melakukan penelitian Rangkong Gading sejak 20 tahun silam. Kini, Rangkong Gading berstatus kritis. Burung bernama latin Rhinoplax vigil menjadi satwa primadona yang diburu dan dijual balungnya. Rangkong Gading pun terancam punah. Padahal Indonesia merupakan habitat dan populasi terbesar Rangkong Gading di dunia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*