Sah! IA-CEPA Berlaku Mulai Juli, 8 Universitas Australia Siap Masuk Indonesia

Australian National University (ANU) salah satu universitas yang tergabung dalam Go8 (ANU)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Kesepakatan perdagangan bebas antara Indonesia dan Australia akan resmi berlaku pada 5 Juli mendatang. Kesepakatan yang dikenal dengan nama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) telah selesai diratifikasi oleh masing-masing negara.

Media Australia mengatakan salah satu yang paling menguntungkan bagi negara tersebut dalam kesepakatan ini ialah dibukanya kesempatan bagi universitas dari Australia beroperasi di Indonesia.

Mengantisipasi kesepakatan ini, Monash University, Melbourne, pada Februari lalu mengumumkan rencananya membuka kampus di Jakarta. Monash akan menjadi universitas pertama di Indonesia dengan mayoritas kepemilikan oleh universitas asing.

BACA JUGA:

Tentang akan berlakunya kesepakatan itu pada 5 Juli nanti telah dibenarkan oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Agus Suparman, dan Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham.

Pada pertemuan saya secara virtual dengan mitra saya, Menteri Simon Birmingham, kami sepakat bahwa implementasi IA-CEPA sesegera mungkin sangat penting bagi kedua negara karena akan membantu pemulihan ekonomi pasca-COVID-19. Kami berharap bahwa IA-CEPA dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pelaku usaha kedua negara termasuk UMKM untuk mendorong hubungan perdagangan dan investasi kedua negara demi kesejahteraan bersama,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui keterangan tertulis (8/5).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*