Heboh, Lukisan “Berbagi Ruang” Karya Dosen IPB Dituduh Editan Foto, Ternyata

Guruh Ramdani. (Dok.Pribadi)
Guruh Ramdani. (Dok.Pribadi)

BOGOR, KalderaNews.com – Lukisan karya dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Guruh Ramdani berhasil mengecoh warganet. Bahkan ada yang menuduh lukisan tersebut hanya sebuah karya editan foto.

BACA JUGA:

Dosen komunikasi IPB itu mengunggah karyanya ke Twitter pada Sabtu, 9 Mei 2020. Lukisan itu menggambarkan suasana trotoar sempit yang dipenuhi pejalan kaki. Sementara di sisi lain nampak antrean panjang kendaraan.

Lukisan berjudul “Berbagi Ruang” karya Guruh Ramdani

“Lukisan dengan lokasi di depan “Stasiun Bogor”. Berjudul: Berbagi Ruang, menggunakan cat air di atas kertas ukuran 79 X 109 cm. Dibuat pada tanggal 4 Februari 2017…” cuit akun @RamdaniGuruh yang menyertai lukisan itu.

Sontak, unggahan tersebut menyedot perhatian warganet. Tercatat, 4.700 akun memberikan like dan sekira 1.500 retweet. Unggahan itu juga telah dikomentari lebih dari 150 kali.

Di antara komentar tersebut, ada satu akun yang langsung melemparkan pertanyaan dan menuding bahwa lukisan Guruh itu tidak asli.

“Ini ngubah foto jadi lukisan pakai program apa?” tanya akun tersebut.

Tanpa perlu menjelaskan bahwa tudingan warganet itu tak tepat, Guruh pun menjawab pertanyaan itu dengan kalimat yang cukup menohok.

“Program Studi S1 Seni Rupa Murni, Minat Utama Seni Lukis, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Jogjakarta,” cuit Guruh. Ya, Guruh adalah lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Jawaban lugas Guruh ini pun viral di Twitter. Salah satu tangkapan layarnya diunggah travel blogger @aMrazing. “Budayakan membaca sebelum menuduh,” kicaunya singkat.

Sementara yang lain memberi apresiasi terhadap karya Guruh itu.

“Lah, dosen gue nih… Keren banget asli dia bisa gambar kayak foto, realisnya keren,” tulis seorang warganet.

“Gils netijen enggak ada tukads-tukadsnya. Belum aja kalo disarkasin bener-bener depan muka,” tambah yang lain.

“Bahkan sampai ke kipas plastik gambar mikimosnya bisa detail banget,” timpal netizen lainnya.

“keren parah ini om, jadi kangen kemacetan bogor hahahaha,” komentar yang lain.

Sementara warganet yang lain justru ingin belajar melukis dengan Guruh. Guruh pun tak pelit membagikan tips dan teknik melukis.

Nah, inilah karya Pak Dosen Guruh yang lain:

Lukisan berjudul “Pedagang Asong di Bandung” karya Guruh Ramdani.
Lukisan “Jalan ABC Bandung” karya Guruh Ramdani

Keren ya, Gaes! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*